Selasa, 22 Februari 2011

naskah of the week

ini dia naskah pekan sebelumnya.. siapa yang belum kenal dengan musuhnya? Saatnya

KENALI MUSUHMU!

“Jika kamu mengenal dirimu dan musuhmu maka kamu bisa memenangkan 100 pertempuran”

Kata Sun Tzu, salah seorang ahli strategi perang dari Cina. Berarti kalau mau menang dunia dan akherat, syaratnya dua: mengenal diri dan mengenal musuh secara dunia dan akherat!!
Lha terus, selama ini, sekolah udah ngajarin soal pemahaman diri lewat training success skill (hayo, siapa yang dulu mbolos?). Tapi, kok, nggak ada, ya, materi success skill: pemahaman musuh alias syaiton? Padahal, setan adalah sebenar-benarnya musuh yang nyata. Nggak percaya? Bener, kok! Baca aja surat cinta dari Yang Kuasa: Al-Qur’an.
Nah, ngomong-ngomong soal pengenalan musuh (baca: syaiton), Ibnu Qoyyim pernah nulis soal langkah-langkah setan alias syaiton dalam menggoda kita. Antara lain:
1. Kufur dan Syirik
Intinya adalah mengakui Tuhan selain Allah dan beribadah dengan cara yang tidak diridloiNYA. Bentuknya macem-macem. Dari pergi ke dukun sampai percaya ama ramalan. Hati-hati, lho! Bisa aja, ada sesuatu yang kadang kita anggap “Tuhan” tapi kita nggak sadar: harta, kuasa, wanita (baca: lawan jenis), bahkan IPK!!
2. Bid’ah
Wah, berat, nih! Orang yang melakukan bid’ah selalu merasa bener, padahal yang dia lakukan sebenarnya nggak diajarkan oleh Nabi. Jadi niatnya, sih, udah bener untuk Allah, tapi caranya untuk mendekatkan diri dengan Allah alias ibadah mahdhoh udah kelewat kreatif!! Misalnya lewat puasa mutih alias puasa dari yang putih-putih (kertas, kapur, tip-ex), kungkum alias bertapa dengan cara berendam di air (kebo kali??), en so on.
3. Takabur
Yaitu ngerasa bener sendiri sehingga tidak mau mendengarkan pendapat orang lain meskipun pendapat orang tersebut bener. Bisa-bisa dia sampai meremehkan dan ngangap orang lain: nothing!!

Itu baru beberapa dari artileri setan untuk menggoda kita biar nggak berada di jalanNYA. Masih ada lagi artileri yang lain. Setan emang udah punya tugas untuk nggodain manusia. Jadi jangan heran kalau mereka pingin nggodain kita.. WAJAR AJA!!***
(Dnz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar