Rabu, 11 April 2012

Rumah Masa Depan


Resensi Buku

Judul       : Potret Kampung Akhirat; Gambaran Indahnya Surga dan Dahsyatnya Neraka
                 (Al-Jannah wan-Nar minal-Kitab was-Sunnah al-Muthohharoh).
Penulis   : ‘Abdurrohman bin Sa’id Al-Qohthoni
Penerbit:  Al-Qowam, Solo (2006)
Tebal      : ix + 98 halaman; 120 x 180 mm

                Inilah buku kesekian tentang surga dan neraka. Ditulis oleh seorang anak muda yang hafidh, yang meninggal dalam usia belia (sekitar 19 tahun) karena kecelakaan.
                Buku yang ditahqiq (diperiksa secara teliti) oleh ayahanda penulis sendiri, DR. Sa’id bin ‘Ali bin Wahf Al-Qohthoni, terdiri dari 3 bab. Bab pertama bicara tentang surga dan neraka (definisi dan penjelasannya). Bab ini berisi tentang definisi surga dan neraka, serta nama-namanya. Juga dimana letak surga dan neraka.
                Bab ke-2 membahas tentang apa yang diperoleh masing-masing penghuni surga dan neraka, secara psikis dan jasmani (fisik). Inilah bab yang menjelaskan tentang berbagai kenikmatan dan kesenangan yang diperoleh para ahlul jannah. Di sisi lain, menerangkan tentang beragam siksa dan kepedihan yang didapatkan para “teman” neraka. Kita berdoa kepada Allah semoga kita semua dimasukkan ke dalam surgaNya, dan dijauhkan dari nerakaNya.
                Bab ke-3 membahas tentang jalan-jalan yang menghantarkan seseorang ke surga atau neraka. Di bab ini, penulis secara ringkas membahas amal-amal penghantar ke surga, yang itu semua tak terjadi tanpa rahmatNya. Dan amal-amal penyebab terjerumusnya seseorang ke neraka, dan bagaimana menjauhkan  diri dari amal-amal tersebut.
                Kitab ini cocok dibaca untuk mereka yang ingin mendapat kabar tentang surga dan neraka, secara ringkas. Maka bagi mereka yang tidak terlalu memerlukan penjelasan yang panjang, buku ini bisa sangat membantu. Apalagi penulis berusaha tidak mengambil dalil kecuali yang terjaga keshahihannya. Penyajian dalil-dalil, terutama hadits-hadits dalam bentuk ashli-nya, teks Arab, juga akan membantu para pembaca yang ingin mengetahui dan menghafal teks Arabnya. Tambahan dari pentahqiq, di beberapa bagian, juga sangat membantu pemahaman pembaca. Misalnya tentang hal-hal yang bisa memasukkan  seseorang ke surga (halaman 84 -85).
                Beberapa catatan kecill perlu juga dicermati. Pertama, karena formatnya yang ringkas, banyak informasi yang tidak tertampung di kitab ini. Tentu, menjadi perlu bagi pembaca yang ingin mendapatkan info lebih tentang surga dan neraka untuk merujuk ke kitab-kitab lain yang lebih lengkap.
                Kedua, catatan kaki dari pentahqiq. Terkadang itu memang membantu penjelasan. Tapi, dengan banyaknya catatan kaki, seakan kitab ini memiliki 2 penulis, yang saling mengutarakan idenya masing-masing. Mungkin formatnya saja yang perlu diperbaiki, sehingga tidak mengganggu proses pembacaan kita pada teks asli.
                Di luar itu semua, kitab ini layak dibaca bagi para perindu surga. Apalagi bila kita membaca biografi singkat sang penulis, rasanya kita patut untuk berkaca: apakah saya sudah pantas menjadi penghuni surga?

Muhammad Fatan Fantastik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar