Senin, 07 Mei 2012

Bijak Menghadapi Ujian


Judul               : Ujian Sukses Tanpa Stress!
Penulis             : Fatan Fantastik
Penerbit           : Book Magz Pro-U Media
Cetakan           : ke-3, Desember 2010
Tebal               : 116 halaman

”Ujian yang bikin tidur nggak nyenyak dan makan nggak enak, sudah kadaluwarsa. Ujian yang bikin stress, sampai perlu kompres dengan es, sudah bukan lagi jamannya. Dengan STRATEGI yang pas lagi cerdas, ujian malah membuat kita tancap gas! Raih prestasi papan atas!“ Begitulah sepenggal tagline yang dipampang pada cover depan buku yang bersampul dominan putih. Ujian, bagaimanapun bentuknya, memang tak bisa dilepaskan dari kehidupan seorang manusia. Baik anak kecil maupun dewasa, setiap insan akan dihadapkan pada sebuah ujian untuk menguji mutu dan kedewasaan seseorang.
Dikemas dalam format book magz dengan gaya bahasa yang ringan, buku penuh tips dan trik menghadapi ujian tersebut dapat dinikmati sembari santai. Dilengkapi dengan ilustrasi yang mendukung, “Ujian Sukses Tanpa Stress!“ dilahirkan kembali dari buku yang ditulis sebelumnya oleh penulis, “Yes! Ujianku Sukses!“. Buku ini menekankan kepada kita akan arti sebuah persiapan dan perjuangan menghadapi sebuah ujian yang seringkali disikapi dengan cara-cara yang tidak bijak.
Ketakutan dan ”sikap curang” yang seringkali dilakukan oleh para peserta ujian, khususnya yang banyak terjadi di kalangan instansi pendidikan banyak disoroti di buku ini. Fatan Fantastik dalam buku ini mengajak pembaca untuk lebih menghargai lagi hadirnya ujian dengan menganggapnya sebagai sebuah tantangan yang harus dihadapi untuk menapak pada step kehidupan yang lebih tinggi tentunya. Dengan dilengkapi data-data penelitian yang berkaitan dengan bahaya mencontek dan segala ”ketidak fair-an” menghadapi ujian membuat segala yang dipaparkan dalam buku ini tak hanya sekadar bualan motivasi semata.
Buku ini cocok dibaca bagi kita semua yang ingin lebih bijak menghadapi sebuah ujian, khusunya bagi para pelajar Indonesia yang setiap tahunnya harus menghadapi ujian kenaikan kelas. Tak hanya menyuguhkan bagaimana mempersiapkan fisik, pikiran, sarana dan prasarana menghadapi ujian, buku ini juga menekankan akan pentingnya persiapan mental dan spiritual untuk meningkatkan kematangan kita menyambut ujian dan siap menatap kemenangan.***

Eko Megawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar