Selasa, 25 September 2012

Tak Sekadar Belajar Menulis


Assalamu’alaykum sobat NAH! Jumat, 25 September 2012 lalu Sekolah Kepenulisan JAN kembali digelar di rumah NAH! Karangwaru Lor, Yogyakarta. Acara ini dimulai sekitar jam 14.00 hingga 17.00 WIB. Kegiatan Sekolah Kepenulisan yang rutin diadakan pada jumat ketiga setiap bulannya ini dikemas dalam forum diskusi sekaligus penyampaian materi dari pembicara.

Nah, kali ini tema kepenulisan yang diangkat adalah “Sungguh-Sungguh Saat Menulis”.  Harapannya, agar tulisan-tulisan kita tidak berhenti di tengah jalan atau minim “makna” akibat tidak ada kesungguhan dalam menuliskannya. Ada dua pembicara yang dihadirkan dalam Sekolah Kepenulisan minggu lalu. Sesi pertama dibersamai oleh Fatan Fantastik hingga waktu ashar menjelang. Sesi kedua, penyampaian materi dan diskusi dipandu oleh Yusuf Maulana.

Meski jumlah peserta tidak sebanyak biasanya, namun peserta tetap antusias mengikuti proses belajar hingga akhir pertemuan. Sejumlah pertanyaan tentang kendala-kendala menulis pun diajukan kepada pembicara. Nah, berikut sejumlah trik yang disampaikan oleh Yusuf Maulana dalam hal membangun kesungguhan kita dalam menulis. 
1.       Mulai dengan permasalahan yang paling menggelisahkan kita.
2.      Angkatlah permaslahan yang dekat dengan kita, baik dari segi referensi atau tema
3.    Luruskan niat kita. Tanyakan kembali pada diri kita, mengapa kita harus menuliskan tentang suatu hal. Semakin kuat alasannya (tentunya alasan yang baik-baik ya), cenderung semakin memicu semangat kita untuk berbagi dengan orang lain melalui tulisan.

Bagaimana sobat, tertarik untuk belajar lebih dalam tentang dunia tulis-menulis? Boleh banget lho kalau hendak bergabung di Sekolah Kepenulisan JAN. Insya Allah kegiatan tersebut akan diadakan kembali pada minggu ketiga bulan Oktober mendatang. Semoga tetap istiqomah belajar ya sobat. Semangat sampai akhirat! 

2 komentar:

  1. syukron...ya meskipun saya di ngawi saya tunggu postingannya saja ya...afwan.

    BalasHapus
  2. Iya nih, ditunggu ilmu kepenulisannya

    BalasHapus