Rabu, 05 Februari 2014

Outing SD Rejowinangun 3

Outing di SD Rejowinangun 3 dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu kelompok peserta putra dan putri. Kegiatan ini dilaksanakan untuk kelas V dan VI. 
Berikut laporan observasi dari jalannya acara outing dari kelompok peserta putra.
Jam 7.50. Pada 20 menit pertama acara dibuka dengan perkenalan tim. Bertindak sebagai trainer pada saat itu adalah Mas Hermawan Budi Santoso (biasa dipanggil Mas Hermi), dan Amin sebagai asisten trainer sekaligus observer. Pengkondisian peserta di awal acara dipandu oleh Amin. Untuk mengkondisikan para siswa mereka diajak bermain senam jari, sekaligus untuk melatih konsentrasi para peserta. Setelah itu barulah membuat kesepakatan kontrak belajar dengan peserta. Sesi awal ini sekaligus menjadi awalan untuk memasuki alur retreive.

Pada jam 08.10, Mas Hermi selaku tainer utama mulai mengisi. Saat itu Mas Hermi mengecek tempat duduk para siswa terlebih dahulu. Hasilnya diketahui bahwa para siswa cenderung mengelompok sesuai kelasnya masing-masing. Maka Mas Hermi meminta para siswa yang duduk satu bangku harus berbeda kelas. Proses perpindahan tempat duduk ini berlangsung dengan baik.
Selanjutnya Mas Hermi mulai bercerita tentang idola. Cerita itu diawali dengan mengajukan pertannyaan kepada para peserta tentang siapakah tokoh idolamu? Hal menarik terjadi pada kelas ini. Sebagian besar diantara mereka menjawab bahwa idolanya adalah Nabi Muhammad SAW. Maka mengetahui jawaban tersebut kemudian Mas Hermi bertanuya kembali kepada para siswa mengapa mengidolakan Nabi? Beragam jawaban pun terlontar dari para siswa.
Diantara banyaknya jawaban tentang alasan mengidolakan nabi tersebut, Mas Hermi kemudian menenkankan satu keteladanan sifat nabi bagi umat islam. Yakni tentang kejujuran. Diantara kisah yang diceritakan Mas Hermi pada saat itu adalah satu peristiwa dimana Nabi Muhammad menjadi penengah pada peristiwa peletakkan Hajar Aswad. Penyampaian kisah Nabi ini dilakukan untuk menguatkan alur retreive.

Waktu menunjukkan jam 09.00. Pada jam tersebut para siswa diajak melakukan sebuah permainan yang banyak dikenal dengan nama binggo. Permainan ini dimaksudkan untuk melatih kejujuran para siswa. Untuk itu mereka diminta mengisi keras dengan tanda tangan dari teman dalam ruang kelas tersebut, sesuai dengan kenyataan pada diri orang yang menandatanganinya. Tantangannya adalah meminta tanda tangan dari teman dalam kelas tersebut sebanyak mungkin hingga membentuk sebuah garis horisontal, vertikal, atau diagonal. Permaianan ini dipandu oleh Amin, yang bertugas sebagai asisten trainer.

Permainan binggo berlangsung kurang lebih selama 10 menit. Setelah itu disambung dengan pemaknaan oleh Amin sampai dengan jam 09.30. Setelah itu Mas Hermi kembali tampil di hadapan para siswa kemudian memberikan penguatan terhadap proses yang telah berlangsung. Menjelang akhir acara peserta diminta untuk menuliskan satu ikrar sebagai bentuk kecintaannya terhadap Nabi Muhammad SAW. Poin-poin yang terdapat dalam ikrar tersebut antara lain: 1) Menjalankan sholat 5 waktu dengan tertib; 2) Bersungguh-sungguh belajar dan mengaji; 3) Berbakti kepada orang tua; 4) Hormat dan patuh kepada guru; 5) Menjadi anak shalih yang berguna bagi agama, bangsa dan negara.
Setelah selesai menuliskan ikrar tersebut para siswa diajak untuk membacanya secara bersama-sama. Pembacaan ikrar ini menjadi akhir dari rangkaian acara outing siswa putra kelaas V dan kelas VI SD Rejowinangun 3. Melalui pembacaan ikrar ini diharapkan dapat mencapai target alur Valuing bagi para siswa. Sehingga kecintaan terhadap Nabi Muhammad masuk ke dalam diri para siswa yang memberi dampak yakni semakin baiknya akhlak.


By: @am1nov

Tidak ada komentar:

Posting Komentar