Selasa, 04 Maret 2014

Sekolah Trainer JAN


 















Dalam buku "The Winning Trainer", Eitington menyampaikan bahwa ada 4 hal (alur) yang harus ada dalam sebuah training. Empat hal tersebut adalah: diagnose, design, deliver, determine. Atau biasa disingkat 4D.


Apa itu Diagnose? Yaitu mengukur kebutuhan sebenarnya dari training, permasalahan yang benar-benar perlu ditangani. Ada yang menyebutnya Training Need Asseement (TNA). Pengukuran kebutuhan training. Betul-betul mencari akar persoalan yang perlu dibenahi. Dengan diagnose yang benar, akan kita peroleh sekian masalah yang dihadapi. Dari itu, kita tentukan mana yang perlu segera ditangani. 

Setelah ditentukan apa yang mendesak ditangani, kita tentukan cara penanganan yang tepat dan memungkinkan. Nggak asal "pokoknya.” Setelah pokok persoalan diketahui, langkah selanjutnya adalah design. Setelah diagnose, design dilakukan. Harap diingat: setelah memahami persoalan dg baik, BISA JADI metode yg paling tepat untuk menangani masalah tersebut BUKAN dg training.Kalo memang demikian adanya, tidak perlu harus memaksakan mengadakan training. Apalagi training ini atau itu. Wong memang nggak cocok! 

Setelah yakin bahwa metode training cocok untuk mengatasi masalah yang ada, langkah ke-2 dilakukan adalah DESIGN. Opo tho desain kuwi? Nah, penting nih buat siapapun yang ingin menjadi Trainer Menggugah dan Mengubah. Untuk lebih dalam bahas apa itu design dalam proses training. Yuk ikut agenda Sekolah TRAINER JAN dengan tema “Merancang Pelatihan Motivasi” bersama Deniz Dinamiz, Jumat pekan ini 7 Maret 2014 jam 15.45-17.30. GRATIS !!! Kontak 0878 3878 2421 Siapkan diri untuk beburu ilmu. NAH! (af)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar