Selasa, 15 April 2014

KUSEN : Yuk Jaga Niat Menulis


Apa itu kusen? Nah, itu adalah sebuah forum dari Tim Writing NAH untuk saling menguatkan dan menajamkan pena.  Forum saling berbagi ilmu agar senantiasa selalu istiqomah dalam dunia kepenulisan. Forum yang berharap tidak hanya menjadi forum rutin mingguan saja, namun menjadi sarana bersama untuk beribadah kepada Allah. 

Sama sama membuang sampah, namun bisa berbeda nilai di mata Allah. Karena apa? Yap benar, urusan niat. Urusan niat adalah urusan kita kepada Allah dan kita. Semua akan sirna, kecuali bagi mereka yang selalu menujukan segala aktifitasnya hanya untuk Allah, untuk Surga. 

Setiap amal bergantung kepada niatnya. Begitu yang diterangkan oleh Al-Imam an-Nawawi dalam hadist Arba`in an-Nawawi yang menjadi kitab rujukan umat muslim dibumi untuk semakin dekat dengan Allah. Termasuk menulis. Kita menulis untuk apa? Untuk siapa? Setiap penulis ada niatnya. Maka bagi setiap penulis adalah apa yang diniatkannya. Ketika sebatas dunia, ya kholas. Selesai dapat dunia saja. 

Sebagai contoh, penulis berniat akan menyelesaikan naskahnya sebagai modal menikah, atau untuk tenar best seller. Nah, itu juga termasuk kholas. Selesai sampai disitu saja. Padahal ada Surga yang menanti apabila semua itu untuk Allah. Namun bagaimana jika kita ingin agar lelahnya, ribetnya, kompleks capeknya tidak sia-sia? Jawabannya adalah meniatkan menulis untuk Allah. Urusan dunia akan menjadi efeknya.
Sesuatu yang paling susah memang menjaga niat. Agar ia tetap lurus, tak tergoda riya`, agar selalu tidak mengharapkan penilaian-penilaian makhluk. Bagaimana agar terjaga? Berikut yang bisa dilakukan. 

Pertama, selalu kuatkan dengan doa. Allah lah sebaik-baik tempat memohon dan meminta. Tempat terbaik mengokohkan hati kita. So, selalu ingat Allah ya disaat kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun. 

Kedua adalah Ta`lim. Tentu jika kita ingin melakukan sesuatu yang benar, termasuk niat yang baik itu gimana, maka wajib kita mengilmui apa itu niat yang benar. Mari merapatkan diri dalam majelis Allah. 

Ketiga adalah berdekatan atau memiliki komunitas yang baik. Terlebih komunitas yang lurus agar saling mengingatkan dan menguatkan. Nah, bagi tim writing NAH, KUSEN (kumpulan seneng nulis) adalah salah satu majelis untuk belajar. 

Keempat adalah berbagi ilmu kepada orang disekitar kita tentang niat. Semoga apa yang kita katakan, juga menjadi penjaga untuk diri kita agar selalu meluruskan niat. 

Terakhir adalah menuliskan. Tiada pekerjaan lain seorang penulis selain menulis. Agar kita tak telupa, agar kita selalu ingat. Menuliskan nilai atau pesan kebaikan untuk minimal diri kita sendiri. 

Niat yang benar adalah IKHLAS, tidak bercampur kehendak selain untuk Allah. Maka, apabila kita menulis di cela, ataupun di puji itu tak akan berpengaruh. Tulisan kita tak banyak yang komentar (missal di blog atau twitter atau FB tak akan berpengaruh pada kita. Tetap menulis dan tetap menulis. Hanya untuk Allah dan Surga. Nah !!!

Annafi`ah Firdaus,
Kusen JAN, Selasa 8 April 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar