Selasa, 22 April 2014

Talkshow Pendidikan : Ingin Menjadi Pendidik yang Berhasil dan Barokah?


Mendidik adalah tugas kita bersama.


Ada 3 istilah yang dianggap mewakili kata "pendidikan": tarbiyah, ta'lim, ta'dib. Mari kita mengingat kembali yang pertama: tarbiyah.  Nah!

Cukup banyak ulama atau penulis yang membahas tentang pengertian tarbiyah. Satu di antaranya adalah Dr. Ali Abdul Halim Mahmud. Dalam kitabnya, "Tarbiyah Khuluqiyah", Dr. Ali Abdul Halim Mahmud menyampaikan beberapa pengertian tarbiyah. Mari simak penuturannya. 

Beliau menuturkan: Kata tarbiyah berasal--atau bahkan masdar--dari akar kata "rabbun". Huruf [ra'] dan [ba'] menunjukkan kepada 3 makna dasar: 1) Memperbaiki sesuatu dan berdiri di atasnya. 2) Menekuni sesuatu dan menempatinya. 3) Menggabungkan sesuatu dengan sesuatu yang lain.
Tarbiyah ialah membimbing seseorang dengan memperhatikan segala apa yang menjadi urusannya & menggabungkan semua aspek-aspeknya hingga ia matang & mencapai batas kelayakan untuk dididik jiwanya, akhlaknya, akalnya, fisiknya, agamanya, rasa sosial-politiknya, ekonominya, keindahannya, dan semangat jihadnya 

Dr. Ali Abdul Halim Mahmud menambahkan, saat menafsirkan kata "ar-Rabb", kebanyakan kitab tafsir menyampaikan: "Ar-Rabb" berasal dari kata "At-Tarbiyah", yakni: menumbuhkan sesuatu tahap demi tahap sehingga mencapai batas kesempurnaan. Dikatakan: "rabbahu" (mengurusnya), "rabbaahu" (mendidiknya), dan "rabbabahu" (menjadikannya terurus) 

Kata [rabbani] seperti tersebut dalam banyak kitab tafsir bermakna: "orang yg membimbing orang lain dengan ilmu-ilmu yang kecil sebelum yang besar". Dr. Ali Abdul Halim Mahmud menyampaikan bahwa tarbiyah Islamiyah beda dengan tarbiyah yang tidak Islami. Menurut beliau, tarbiyah Islamiyah ialah pranata sosial rumusan Islam yang memberikan pengaruh efektif melalui 3 lembaga.

Apa saja 3 lembaga yang sangat penting dalam tarbiyah Islamiyah tersebut yaitu: keluarga, masjid, sekolah. Dalam pengertian yang sempit, keluarga hanya mencakup kedua orang tua, saudara, dan karib kerabat. Dalam makna yang diperluas, "keluarga" juga mencakup: tetangga, sahabat, dan masyarakat sekitar. Sedangkan peran MASJID, tentulah sangat penting dlm tarbiyah Islamiyah. 


Bukankah ia adalah tempat yg paling Allah cintai di bumi? Tentu saja, kita tak bisa menyepelekan peran teramat penting SEKOLAH dalam tarbiyah Islamiyah. Termasuk di dalamnya komponen-komponen sekolah, seperti: tenaga pendidik-pengajar, beragam buku, sarana-prasarana, & kurikulum. 

Pendidik adalah salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas bagaimana agar sekolah menjadi salah satu tempat terbaik dalam proses tarbiyah? Pendidik mendidik anak sekolah dengan berhasil dan barokah. Nah, di talkshow ini mari kita berbincang bersama Bapak Mulyono ( Guru Berprestasi Nasional 2013) Kamis, 1 Mei 2014 di Omah Dakwah Pro U Media. Di bersamai juga oleh M Fatan Fantastik & Deniz Dinamiz akan dimulai pukul 08.00-11.45. Siapkan dirimu !!!

Sumber : Kultweet @emfatan #3T


Tidak ada komentar:

Posting Komentar