Jumat, 19 September 2014

Ngaji Garasi #3 September

Dokumentasi Ngaji Garasi

Kamis pagi (18/09), seperti biasanya agenda rutin Jan, "Forum Garasi Pendidikan berlangsung di rumah Ustadz Fauzil Adhim. Tema diskusi kali ini membahas tentang problem di dunia pendidikan. Diantara permasalahan yang sering muncul adalah bagaimana seorang guru menangani perilaku bermasalah para siswa di sekolah. Diantara contoh problem pendidikan yang disampaikan oleh Ustadz Fauzil Adhim adalah yang terjadi di Amerika Serikat. Beberapa contoh kasus yang terjadi di Amerika Serikat beliau sampaikan, diantaranya adalah tingginya angka putus sekolah.

Pada forum ini turut hadir juga Ustadz Bagus Priyo Sembodo. Beliau menyampaikan materi tentang proses pembelajaran yang terjadi antara Nabi Musa dan Khidr. Ada beberapa hal peting disampaikan oleh Ustadz Bagus berkaitan proses belajar antara guru dan murid yang ada dalam kisah Nabi Musa dan Khidr. 

Sebagai murid Nabi Musa menunjukkan contoh profil pembelajar sejati. Jauhnya jarak yang harus ditempuh untuk bertemu dengan sang guru ia jalani (jarak tempuhnya sekitar 1000 km). Maka dari kesungguhan Nabi Musa ini kita belajar satu hal penting dalam belajar yakni daya tahan dalam belajar. Selain itu, sebagai murid Nabi Musa juga memberikan contoh tentang kesediaan untuk mendisiplinkan diri.

Mengenai sosok Khidr kita dapati beberpa poin penting tentang profil seorang guru. Pertama, Khidr bukan tokoh populer, namun kompeten di bidangnya. Kedua, Khidr menetapkan peraturan dalam belajar dan tegas dalam menegakkan aturan. Ketiga, dalam menyampaikan pelajaran Khidr menggunakan metode demonstrasi (mempraktekkan secara langsung di hadapan murid). Keempat, Khidr melakukan assesment (analisi kondisi) terhadap muridnya. (ano)


1 komentar:

  1. masha allah,.. wa barakallah alaikum
    jazakumullah khoir atas kesediaannya dalam menuliskan kembali di blog
    semoga menjadi ladang amal dalam meraih surga
    amin amin ya robbal alamin

    BalasHapus