Minggu, 30 Agustus 2015

Sekolah Jumat Pengembangan SDM Agustus 2015


Sekolah Jumat SDM

Oleh : Amin Novianto

Apa yang terpikir oleh kita ketika mendengar kata sumber daya manusia? Apakah banyak sedikitnya jumlah? Apakah tentang kualitasnya? Atau tentang keduanya? Lalu bagaimana ukuran kualitas SDM itu? Apakah dari bentuk fisiknya? Jenjang pendidikannya? Jabatannya? Atau kekayaannya?

Nah sobat, pada kesempatan sekolah jum'at kali ini (21/08/2015) dibersamai oleh Pak Denis berbincang mengenai SDM yang berkualitas. Di awal perbincangan, Pak Denis mengisahkan tentang seorang tokoh. Beliau seorang ulama yang aktif dalam dunia akademis dan perjuangan melawan penjajah di negri umat Islam. Beliau dikenal pula sebagai arsitek jihad abad 20. Diantara karyanya adalah sebuah kitab berjudul Tarbiyah Jihadiyah. Nama beliau Dr. Abdullah Azzam. Usai menyampaikan sepintas tentang Dr. Abdullah Azzam, Pak Denis menyampaikan materi mengenai SDM yang berkualitas dengan referensi kitab Tarbiyah Jihadiyah.

Dalam pandangan Islam ada hal penting yang sangat mempengaruhi kualitas SDM adalah keimanannya kepada Allah. Sebagai contoh yang disampaikan oleh Pak Denis adalah kisah Bilal dan Abu Sufyan yang bertamu kepada Umar bin Khattab. Singkat cerita dari kedua tamu itu Umar hanya mempersilakan Bilal untuk masuk. Sementara Abu Sufyan menunggu di luar. Mengapa demikian? Tentu sebab Bilal memiliki keutamaan bagi Umar. Ia lebih dahulu beriman dari Abu Sufyan. Inilah dia, SDM yang dibina oleh manusia terbaik sepanjang zaman, Rasulullah saw. Hasil didikan beliau menjadi SDM dengan kualitas unggulan. Nah! (ANo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar