Selasa, 13 Oktober 2015

OUTING ANAK DI BOYOLALI



Proses pembukaan kegiatan di Serambi Masjid Nurul Huda

 

Oleh : Annafi`ah Firdaus

Tiada daya dan upaya melainkan karena Dia. Alhamdulillah, Ahad, 5 Oktober 2015  adalah kesempatan pertama kalinya kami mengadakan outing untuk anak-anak MI Muhammadiyah Demangan kelas 4-6 SD dan Madrasah Pendidik di daerah Koplak, Demangan, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah. Tujuan outing ini adalah peserta memiliki motivasi untuk belajar serta semangat untuk berjuang. Kegiatan dilaksanakan pada ahad pagi sampai menjelang dzuhur sedangkan madrasah pendidik kami adakan ba`da Ashar sampai menjelang Maghrib.

Kegiatan outing anak-anak mulai tepat pukul 08.15 yang diawali dengan sambutan dari pihak pondok. Pembukaan dilakukan di serambi Masjid Nurul Huda. Selanjutnya peserta diserahkan kepada Tim JAN untuk memulai kegiatan outing.

Kegiatan outing di serambi masjid diawali dengan membaca surat-surat pendek dilanjutkan ice-breaking. Setelah itu peserta diajak keluar dan berkumpul di halaman masjid. Peserta berjumlah 36 dibagi menjadi 5 kelompok dengan nama Pasukan Mangga, Pasukan Pisang, Pasukan Jambu, Pasukan Anggrek, dan Pasukan Sepatu.

Sebelum permainan pertama, peserta  diajak untuk stretching. Setelah itu, lanjut permainan SAPU JAGAT dimana peserta secara berkelompok mengumpulkan sampah di lingkungan sekolah bersama-sama. Tujuan permainan ini agar peserta mencintai kebersihan dan tentunya lingkungan menjadi bersih. Sebagaimana dalam hadits, "Islam itu bersih, oleh karena itu bersihkanlah dirimu. Sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang bersih (H.R. Baihaqi)

Permainan kedua selanjutnya adalah memindahkan BOM AIR. Peserta diminta untuk memindahkan gelas plastik berisi air dari satu titik ke titik finish menggunakan tali rafia. Masing-masing anggota kelompok dengan satu helai rafia harus memiliki andil dalam memindahkan gelas tersebut dengan aturan tidak boleh tumpah airnya. Proses memindahkan BOM AIR ini meminta peserta tidak putus asa dan bekerjasama dalam kelompok sampai berhasil. 

Selanjutnya, permainan terakhir adalah MEMBIDIK MUSUH dimana peserta harus melemparkan bola menuju botol berisi batu sehingga ambruk. Kelompok dengan jumlah botol ambruk berarti menang. Permainan ini membutuhkan konsentrasi dan kegigihan peserta sehingga bisa berhasil menghantamkan bola menuju botol.

Di akhir kegiatan, peserta diajak ke kolam ikan. Kegiatan pamungkas ini diharapkan peserta memiliki keberanian untuk menangkap ikan. Tampak, peserta putri maupun peserta putra sangat gembira saat menangkap ikan. Ditambah lagi, untuk membersihkan diri dan pakaian dari lumpur peserta dipersilakan untuk berenang. Kegiatan diakhiri dengan Shalat Dzuhur berjama`ah di Masjid Nurul Huda dan makan bersama di serambi masjid. Ohya, tak lupa kelompok yang meraih juara saat permainan mendapatkan hadiah. Pembagian hadiah dilakukan setelah Shalat `Ashar.

Peserta Outing sedang stretching

Peserta sedang melakukan permainan SAPU JAGAT

Permainan SAPU JAGAT

Peserta sedang berusaha menyelesaikan tantangan BOM AIR

Peserta putra sedang melakukan permainan BOM AIR. Tampak serius :)

Kegiatan menangkap ikan di kolam oleh peserta putri

Foto dokumentasi pembagian hadiah untuk kelompok pemenang




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar