Selasa, 22 Desember 2015

Menepis Blocking Dalam Menulis


leojumianto.faa.im


Oleh : Amin Novianto 

"Tidaklah aku menuliskan satu hadits dalam Jami' ini kecuali aku sudah berwudhu dan shalat dua rakaat."

Kalimat pendek dari Imam Bukhari tersbut disampaikan oleh Pak Fatan dalam pertemuan Sekolah Jum'at akhir Tahun 2015 ini. Pada kesempatan ini, Jum'at (11/12/2015) Pak Fatan mengajak peserta yang hadir untuk mengenali hal-hal yang menjadi penghambat dalam menulis (blocking). Peserta diminta untuk menyebutkan hal-hal yang merintangi dalam menulis. Beberapa hal yang disebutkan oleh para peserta antara lain: apa yang mau ditulis, referensi, menjaga niat,  istiqomah menulis, skill menulis dan kemauan. Setelah itu para peserta diajak oleh Pak Fatan untuk menyederhanakan beberapa hal tersebut. 

Adalah mengenai kemauan dan kemampuan. Pak Fatan menyampaikan bahwa ada yang memiliki kemauan tinggi namun kemampuan masih rendah. Ini tidaklah mengapa, kemampuan masih bisa terus dilatih. Asalkan disiplin, kemampuan lebih mudah digarap. If there is a will, there is a way. Orang yang mau terus belajar dalam menulis lebih siap menerima masukan. Tidak ada penulis besar kecuali pernah dikritik. Munculnya kemauan/tekad/himmah membuat orang siap untuk berlelah payah dalam belajar.  

Nah Sobat, maukah kalian mendapat pahala jariyah dari menulis? Ayo menulis sekarang juga! Dan yang terpenting adalah terus belajar untuk menyajikan tulisan yang bergizi dan bermutu tinggi. Sudahkah menulis hari ini?



1 komentar: