Rabu, 20 Januari 2016

Niat Hebat, Semangat Melekat!



Oleh : Deniz Dinamiz 

            Ada secarik kertas tergeletak di atas meja. Kosong, tidak tertulis apapun. Kertas itu kemudian kamu pegang dengan tangan kanan. Halaman kertas itu kamu hadapkan di wajah. Lalu, pada hitungan ketiga, kertas itu kamu genggam erat menjadi bola kertas. Satu.. Dua.. Tiga! Kresssk..

            Ada kertas bola tergenggam di tangan kanan. Sekarang, kepalan tangan tersebut kamu tarik ke sebelah kanan. Matamu memandang sekitar. Mencari satu titik target… Lalu pada hitungan ketiga: Siaaap.. Satu.. Dua.. Tiga! NAH! Letakkan bola kertas tersebut.

            Adakah sempat terpikir untuk MELEMPAR bola kertas tersebut? Adakah NIAT untuk melemparnya? Terpikir untuk melempar tapi tidak benar-benar kamu lempar? Kalau itu yang terjadi, belum niat namanya. Hanya kepikiran aja.. 

            Niat adalah keinginan yang diikuti dengan tindakan. Begitulah yang disampaikan Yusuf Qardhawy dalam bukunya “Niat dan Ikhlas”. Niat ini bisa bermacam-macam jenisnya. Begitu juga dengan niat untuk sekolah atau kuliah. Bisa karena ingin menguasai ilmu tertentu , ingin terhindar dari rasa malu (udah gede masa’ nggak sekolah?), ingin dapat teman (‘kan temennya pada sekolah semua..), membahagiakan orang tua (kalau kamu nggak sekolah, mau jadi apa kamu, nak?), atau se-abreg niat lainnya..
 
      Lalu, niat hebat seperti apa yang bisa membuat semangat tetap melekat? Ada 2 syarat utama niat hebat:

         1. BENAR
Yup. Benar. Niat yang benar adalah niat yang IKHLAS karena Allah. Mau jadi pinter? Mau banyak temen? Ingin orang tua bahagia? Mau SURGA? Itu semua adalah efek. Konsekuensi. Maka luruskan niat hanya untuk Allah semata. Semoga ridlo Allah menyertai langkah kita. (Tentu saja niat ikhlas harus diikuti dengan cara yang diridloiNya.)

      2. BESAR
Niat udah bener tapi cuma secuil? Jangan hanya niat ingin jadi biasa aja. Padahal ada mereka yang luar biasa! Ingin jadi ahli? Target lulus SMA belum seberapa. Jadi Profesor? Baru niat BESAR namanya!

Ketika niat sudah benar dan BESAR, tiap perjuangan terasa lezat luar biasa. Ingin jadi Profesor Matematika? Setelah subuh, sambil nunggu bis, sebelum tidur, pokoknya tiap saat kamu bisa, pasti asyik berdua dengan soal dan materi matematika! Ini baru luar biasa! Siap belajar setiap saat! Bismillah: TETAP SEMANGAAAAT!!!***


(Naskah ini termuat di Buletin Nah Edisi 28, kolom PELESAT SEMANGAT) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar