Selasa, 09 Februari 2016

Apa itu Iman?




Oleh : Agatha Rizky



Hai sobat nih! Alhamdulillah dapat ketemu lagi nih. Di kesempatan ini, Agatha ingin berbagi tentang Iman kepada Allah. Tahukah kalian apa itu iman? IIman itu yakin, percaya, dan mengakui adanya Allah. Sudahkah kita benar-benar beriman kepada Allah? Yuk kita koreksi diri ...

Sobat sudah tahu belum cara mengetahui tentang Allah? Di dalam buku Matan Al-Ushul Ats Tsalatsah disebutkan bahwa cara mengetahui Allah adalah dengan tanda-tanda dan makhlukNya. Contohnya Allah menciptakan kita yaitu manusia dengan beragam macam indera. Mulai dari telinga, mata, hidung, mulut dan anggota tubuh lainnya. Allah menciptakan semua itu dengan fungsinya masing-masing. Hebatkan Allah? 

Selanjutnya tentang tanda-tanda keberadaanNya adalah Allah menciptkan malam, siang, matahari, serta bulan. Allah berfirman dalam QS Al Fushilat ayat 37,”  Dan sebagian dari tanda-tanda kekuasaanku adalah malam, siang, matahari, dan bulan. Janganlah bersujud kepada matahari, dan janganlah bersujud kepada bulan tetapi bersujudlah kepada Allah yang menciptakannya, jika kamu hanya menyembah kepadaNya."

Nah, dalil tentang makhlukNya yaitu kita (manusia) ada dalam Surat Al-Hajj ayat 5, “...Maka (ketahuilah) Sesungguhnya kami Telah menjadikan kamu dari tanah, Kemudian dari setetes mani, Kemudian dari segumpal darah, Kemudian dari segumpal daging yang Sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar kami jelaskan kepada kamu dan kami tetapkan dalam rahim, apa yang kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, Kemudian kami keluarkan kamu sebagai bayi, Kemudian (dengan berangsur- angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya Telah diketahuinya. dan kamu lihat bumi Ini kering, Kemudian apabila Telah kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah."

Begitu sobat, cukup yaa. Semoga bermanfaat sebagai ilmu yang menambah iman kita kepada Allah Sang Pencipta kita semua. 

Sumber : Buletin Nih Edisi 2

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar