Rabu, 24 Februari 2016

BERENCANA BELAJAR? BELAJARLAH BERENCANA!




Oleh Deniz Dinamiz



“Gagal Merencanakan Sama Dengan Merencanakan Kegagalan”

            Sobat Nah, berapa waktu yang kamu sediakan untuk merencanakan aksimu tiap hari? Jangan bilang nggak pernah, kalau kamu ingin jadi juara. Soalnya, para juara adalah yang persiapannya juga kualitas juara. Juara dunia didapat, lanjut juara di akhirat! 

            Apa aja sih yang harus direncanakan? Ada target aksi, waktu, orang, and many more. Bisa dilengkapi sesuai kebutuhan. Satu hal yang jelas, satu diantara rencana adalah target aksi. So, simak nih, 3 cara luar biasa agar target aksi oke punya:

1.    Target adalah wujud dari CITA-CITA YANG KITA YAKINI
Ketika target berpondasikan cita-cita, hidup kan menjadi lebih seru dan bermakna. Selain itu, kamu bisa lebih jelas menentukan prioritas. Mulai dari yang paling penting sampai yang paling tidak penting. Sesuai urutan impian kamu.

2.    Target harus SPESIFIK
Apa target hidupmu? Sukses, kaya, dan bahagia? Semua orang juga iya (kecuali yang rada..) Target seperti itu nggak akan banyak bantu kamu. Harusnya? Sebutin target aksi yang TERUKUR dengan WAKTU target yang jelas.
Contoh kurang pas: pingin belajar bahasa Indonesia.
Contoh lebih pas: belajar bahasa Indonesia tentang bab “Puisi” tiap pekan 1,5 jam selama 2 bulan
He.. he.. Abang pernah nih belajar begini sama temen-temen KUSEN (KUmpulan SEneng Nulis) JAN. Terus berjuang, raih surga dengan pena!

3.    Target harus DITULIS
Dengan menulis, berarti menunjukkan komitmen dan kesungguhan kamu. Selain itu, mencatat terbukti punya dampak luar biasa pada ingatan kita. (Cek aja di gelegar belajar buletin Nah edisi 12! Boleh juga lihat galeri-nya di blog kita..)

            So, gimana dengan rencana belajar kamu? Sampai kapan mau belajar, harus ditentukan mulai dari sekarang. Kalau abang sih tentu saja: sampai jempol kaki ini mencium wanginya tanah surga! Itu dia! Di dunia jadi juara, di akhirat? Surga, surga, surga!***  

Sumber : Buletin Nah #25 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar