Selasa, 16 Februari 2016

Memulai dengan Membaca



Sumber : www.anaqamaghribia.com

oleh : Deniz Dinamiz

            Siapa orang terhebat sepanjang masa? Nabi Muhammad SAW, tentu saja! Keindahan sifatnya, kehalusan sikapnya, kesejukan hatinya, ketajaman pikirnya, kekuatan fisiknya, kelembutan tuturnya, dan segala yang ada padanya adalah yang terhebat! Atau... kamu tidak banyak tahu tentang dirinya? Pasti kurang membaca!

            Manusia terhebat pastilah melalui tempaan terhebat. Ingatkah kamu apa yang awal mula diperintahkan Allah kepada Rasulullah? Buka aja Qur’an surat ke 96!

“Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu yang menciptakan.”  
(Q.S. Al-‘Alaq (96) : 1)

            Tuh kan? Beliau pertama kali diperintahkan untuk membaca. Hal ini juga menjadi kekuatan luar biasa bagi para sahabat dan ulama-ulama hebat Islam untuk mengikutinya. Kita ikutin yuk apa saja yang mereka lakukan!

Pernah perjalanan jauh sampai berhari-hari? Ini dia Jabir bin Abdullah Al-Anshari! Bayangkan. Dia melakukan perjalanan sampai sebulan naik unta, dari Madinah sampai dengan Mesir. Untuk apa padahal? Mendapatkan satu hadits! Mantab!

Ada lagi. Ibnul Jauzi membaca 200.000 jilid buku. Bahkan lebih! Kata beliau begini:
“ Aku tidak pernah kenyang membaca buku. Jika menemukan buku yang belum pernah kulihat, maka seolah-olah aku mendapatkan harta karun!”Lanjutnya lagi,”Aku pernah membaca semua  200.000 jilid buku lebih. Sampai sekarang aku masih terus mencari ilmu.”

Masih ada yang dahsyat lagi. Kakek dari Ahmad Ibnu Taimiyah, yaitu Abul Barakat, apabila mau masuk ke WC untuk buang hajat, maka beliau menyuruh anaknya untuk membacakan suatu buku dengan bacaan yang keras agar dia bisa mendengar.

            Itu dia contoh-contoh hebat kebanggaan umat. Sudah jelas membaca adalah cara tepat untuk memulai menjadi hebat (dengan izin-Nya). Pastikan dirimu: SUKSES SETIAP SAAT dengan membaca!

Sumber : Buletin Nah #26 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar