Sabtu, 19 Maret 2016

Kisah Nabi Nuh



Oleh : M. Chazim*
*SMP 1 Muhammadiyah Godean 


Teman-teman sudah pernah mendengar kisah Nabi Nuh dan kaumnya?

            Siapa itu Nabi Nuh? Nabi Nuh adalah salah satu Rasul Allah yang bertugas menyampaikan pesan-pesan-Nya kepada kaumnya untuk menyembah Allah saja. Nabi Nuh adalah orang yang shaleh, mulia, cerdas, pemberi nasehat yang santun, jujur, dan dipercaya kaumnya. 

            Nabi Nuh pun menjalankan tugasnya dengan baik. Dia memberi peringatan kepada kaumnya dengan berkata, “Hai kaumku, sesungguhnya aku adalah seorang Rasul yang memberikan peringatan dan penjelasan kepada kalian, yaitu agar kamu sekalian menyembah Allah dan bertakwa kepada-Nya.”
           
            Namun dengan sombongnya Kaum Nabi Nuh berpendapat bahwa menyembah patung adalah perbuatan yang benar dan masuk akal. Sedangkan orang yang tidak menyembah patung menurut mereka adalah orang yang bodoh dan sesat.

            Nabi Nuh tetap berupaya keras agar kaumnya beriman kepada Allah serta meninggalkan perbuatan menyembah patung meski hanya sedikit orang saja yang beriman dan mengikuti nasehat Nabi Nuh.

            Ya hanya sedikit saja yang mengikuti Nabi Nuh. Hingga akhirnya, Nabi Nuh berdoa kepada Allah agar tidak membiarkan orang-orang yang kafir tinggal di bumi. Nabi Nuh khawatir, jika orang-orang kafir tetap tinggal di bumi, mereka akan menyesatkan hamba-hamba Allah serta melahirkan anak-anak yang jahat dan tidak tahu bersyukur.

            Allah mengabulkan permohonan Nabi Nuh. Sebelum membinasakan orang-orang kafir, Allah menyuruh Nabi Nuh dan pengikutnya membuat kapal untuk menyelamatkan diri. Setelah kapal selesai dibuat, Allah memerintahkan Nabi Nuh, kaumnya, bahkan hewan-hewan yang ada untuk naik di atas kapal. Setelah itu Allah turunkan air hujan yang lebat. Semua orang kafir tenggelam, sedangkan Nabi Nuh beserta kaumnya dan apapun yang ada di kapal diselamatkan oleh Allah.  

Sumber : Buletin Nih #5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar