Rabu, 06 April 2016

Belajar tentang Belajar



Oleh: A.K.Hardew

Belajar bukan hanya tentang belajar. Melainkan ada niat yang mengawali, cara yang mengiringi, dan tujuan yang ingin dicapai.

Pertama, belajar ada niat yang mengawali. Untuk apa saya belajar? Untuk siapa saya belajar? Sudahkah terjawab pertanyaan ini?
Telah terucap dari lisan manusia yang paling mulia di semesta, dialah Muhammad ShallaLlaahu `alaihi wa Sallam dengan sabdanya, "Semua amal perbuatan tergantung niatnya dan setiap orang akan mendapatkan sesuai apa yang ia niatkan. Sesiapa yang berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Dan sesiapa yang berhijrah karena dunia yang ia cari atau wanita yang ingin ia nikahi, maka hijrahnya untuk apa yang ia tuju" (HR. Bukhari).

Sudah jelas bukan? Bahwa setiap yang kita lakukan akan berbuah sesuai dengan apa yang kita niatkan, termasuk belajar. Maka, untuk apa kita belajar dan untuk siapa kita belajar? Mari luruskan niat.

Kedua, belajar ada cara yang mengiringi. Belajar adalah aktivitas yang penuh dengan kehormatan, kemuliaan, disukai oleh para malaikat, dan dicintai oleh para cendekia yang lapar akan ilmu. Maka, haruslah diisi dengan akhlak dan adab yang terpuji dan mulia. Bukan dengan akhlak buruk nan terkutuk.

Ketiga, belajar ada tujuan yang ingin dicapai. Sudahkah kita memikiki tujuan? Tujuan yang akan kita capai melalui proses belajar kita. Jika sudah, pastikan tujuan itu bermanfaat untuk sesama melalui pengamalannya. Dan jika belum, maka tentukanlah dari sekarang tujuan yang ingin kita capai. Dan, pastikan itu semua untuk menggapai ridha Allah. 
  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar