Selasa, 19 April 2016

Tiga Alasan Indah Para Penyontek


Ada saja alasan indah kenapa mereka mencontek. Padahal ini perbuatan yang sangat buruk. Dia dusta dan tidak amanah dengan ilmunya.

Yang pertama; mempertahankan posisi dan atau prestasi. Ini dipandang indah bukan? Ditambah lagi, dia berpikiran kalau yang lain mencontek kenapa aku tidak? Lagi pula, dengan aku mencontek bisa membahagiakan orang tua.

Sesungguhnya, inilah kepintaran syaitan; musuh kita sebenarnya. Yang mengkipas-kipas manusia agar awalnya sesuatu itu buruk dan nista, menjadi indah. Termasuk mencontek.
Alasan kedua; untuk membantu orang lain. Dan ini dilakukan “katanya” demi kesetiaan kawan. Akan tetapi, apakah ini dapat disebut kesetiaan ketika seorang menjerumuskan dalam keburukan? Karena ketika seseorang memberikan contekan kepada temannya, berarti ia menghancurkan masa depan dunianya, dan (pastilah) akhiratnya.

Alasan indah mencontek yang ketiga; sebagai ungkapan kasih sayang. Agar yang dicontek ini merasakan persahabatan. Nah, pertanyaannya, apa itu disebut kasih sayang saat menjatuhkan teman agar dia terluka? Memberikan teman yang kehausan dengan racun? Tentu ini bukan kasih sayang!

Dan lihatlah, jika mereka lulus dengan mencontek! Para pecundang akan beredar di masyarakat. Mereka membangun gedung yang rubuh. Mereka menjadi pedagang yang curang. Kedudukan-kedudukan penting di negeri ini, kelak akan diduduki oleh generasi yang tidak jujur, pecundang, dan tidak amanah. Apa yang bisa kita harapkan dari mereka?

Maka sebelum memutuskan mencontek, pertama; pertimbangkan Allah dimana. Gusti Allah tidak pernah tidur. Dia; Allah melihat kita semua. Kedua, kamu harus memikirkan bagaimana kelak mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan di dunia.

Sungguh, teramat rugi bagi mereka yang mengandalkan mencontek; demi prestasi, membantu orang lain, dan menunjukkan kasih sayang.

‪#‎UjianJujur‬ ‪#‎UjianSukses‬ ‪#‎USTS‬ ‪#‎buletinnah‬

Sumber: Mengolah dari tulisan di buku “Ujian Sukses tanpa Stress” karya Fatan Fantastik dan video “Mencontek” >>> https://youtu.be/prdDK2p8ly8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar