Selasa, 10 Mei 2016

6 Syarat Agar Ilmu Didapat




Oleh: A.K. Hardew


         “Wahai saudaraku….”

Ucap seorang imam yang ketika dia masih belajar sering mengumpulkan tulang, pelepah kurma, dan  sisa-sisa kertas demi  menulis pelajaran yang dia dapatkan dari gurunya.

“… Engkau tak akan mendapatkan ilmu, kecuali dengan enam hal…”

Tegasnya, menambah kesan betapa pentingnya enam hal yang akan disampaikannya kepada para penuntut ilmu. Bila para penuntut ilmu melaksanakan enam hal yang dia maksud, maka para penuntut ilmu tersebut akan mendapatkan ilmu yang mereka tuntut. Tetapi, bila para penuntut ilmu lalai dengan enam hal yang dia maksud; maka jangan menyesal, segala yang mereka upayakan dalam penuntutan ilmunya tersebut, hanya sebatas permukaan saja; tidak lebih dari itu. Lantas, apa saja enam hal yang akan disampaikannya kepada para penuntut ilmu?

Inilah wasiat seorang imam yang telah hafal Al-Qur’an sejak usia tujuh tahun dan dapat menghafalkan kitab Al-Muwaththa’ yang merupakan kitab paling shahih setelah Al-Qur’an pada zamannya. Dialah Imam Syafi’i. 

Telah berwasiat Imam Syafi’i kepada para penuntut ilmu:

“Wahai saudaraku; engkau tidak akan mendapatkan ilmu, kecuali dengan enam hal. Yaitu, cerdas, tamak, sungguh-sungguh, dirham, berakrab dengan guru, dan dengan waktu yang lama,” tegas Imam Syafi’i kepada para penuntut ilmu.

Itulah enam hal yang disampaikan Imam Syafi’i kepada para penuntut ilmu. Enam syarat agar ilmu didapat. Tidak cukup hanya sekadar permukaannya saja, tetapi harus menjadi ahli di dalam bidangnya.

Sumber:
Fantastik, F & Dinamiz, D. (2014). Bikin Belajar Selezat Coklat. Yogyakarta: Book Magz Pro-U Media.

Foto: twitter.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar