Selasa, 17 Mei 2016

Buah Ilmu



Oleh: A. Yusuf Wicaksono

Ya, buah ilmu
Amal namanya
Ilmu tanpa amal hanya sia-sia
Amal tanpa ilmu juga banyak madharatnya

"Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang disertai amal. Sedangkan, orang yang berilmu tapi tidak mengamalkannya, kelak pada hari kiamat ia akan ditanya tentang ilmunya." Begitulah tulisan Dr. 'Aidh al-Qorni dan Dr. Anas Ahmad Karzun dalam kitabnya “Tips Belajar Para Ulama”.

Hal serupa juga telah dikatakan oleh lelaki paling mulia nan terbukti kejujurannya; Rasulullah Muhammad ShallaLlaahu`alaihi wa Sallam. Beliau pernah mengabarkan keadaan seseorang kelak di hari kiamat. Kelak di hari yang penuh kecemasan itu, kaki seseorang tidak akan bergeser sebelum ditanya empat hal. Apa itu? Dialah umur, ilmu, harta dan badannya.

Wahai sahabat, ilmu tidak cukup hanya dimiliki atau ditumpuk sampai menggunung. Ilmu juga tidak cukup hanya disampaikan pada kerabat dan semua orang. Namun, lebih penting dari itu adalah amal. Ilmu harus diamalkan. Karena amal adalah buah dari ilmu.

Lantas bagaimana dengan diri ini kita? Bersemangat menuntut ilmu? Sudah bersemangat mengamalkan?

Ya Allah mudahkan, Ya Allah mudahkan, Ya Allah mudahkan. Meski yang menulis ini tidak lebih baik dari yang membaca, dan masih sangat jauh dari isi tulisannya. Dan semoga Allah memberikan ampunannya dan memudahkan untuk beramal.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar