Kamis, 19 Mei 2016

Kisah Belajar: Meneladani Kesungguhannya Belajar




Oleh: M. Chazim (Murid SMP Muhammadiyah 1 Godean)

Tubuhnya memang kurus dan mungil, tapi soal ilmu beliau mahir. Umurnya saat itu memang masih kecil tapi sudah hafal Al-Qur`an 30 juz serta cinta menghafalkan hadits. Kecintaan pada ilmu dan kesungguhannya belajar inilah yang menjadikan beliau memperoleh ilmu seluas samudera.

Sobat, tahu siapa beliau? Nama aslinya Amir bin Syurahabil. Ketika sudah menjadi ulama biasa dipanggil Imam Asy-Sya`bi. Ingatannya sangat tajam, pikirannya cemerlang. Di waktu kecil Imam Asy-Sya`bi mampu menghafal setiap ilmu yang ditulisnya, juga setiap hadits yang didengarnya. Ia tidak pernah meminta ustadz atau gurunya mengulangi kalimatnya. Beliau sekali mendengar langsung paham, bahkan bisa hafal.

Kesulitan, rintangan, dan hambatan tak pernah menghentikan Asy-Sya`bi untuk menuntut ilmu. Meskipun ia harus berjalan ratusan kilometer untuk mendapatkan satu kalimat yang bermanfaat. Beliau berkata, “Seandainya ada orang yang pergi dari ujung Syam sampai ke ujung Yaman, lalu dia bisa menghafal satu kalimat saja yang bermanfaat bagi dirinya, maka sungguh itu bukan perjalanan yang sia-sia.”

Asy-Sya`bi sangat disayang teman-temannya. Di samping tak suka membuat temannya marah, ia juga tak mudah marah meskipun diganggu temannya.

Kalau ada orang yang menuduh jelek kepadanya, ia menjawab, “Jika memang apa yang Anda tuduhkan kepada saya itu benar, mudah-mudahan Allah mengampuni saya. Namun jika ternyata tuduhanmu dusta, semoga Allah mengampunimu.”

Ia juga senang menghibur teman-temannya. Sesekali bercanda tanpa disertai dusta. Ia pernah ditanya oleh temannya, “Siapa ya, nama istri iblis itu?” Dengan mudah beliau menjawab, “Maaf aku tidak tahu, soalnya aku tidak menghadiri pesta pernikannya.”

Nah, sobat yang ingin dicintai Allah dan teman-teman, yuk kita contoh akhlak Imam Asy-Sya`bi; sungguh-sungguh belajar meski banyak rintangan, tidak mudah marah, dan mengamalkan ilmu yang diperoleh.

Nih!

Sumber: Naskah ini dimuat di Buletin Nih #6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar