Rabu, 20 Juli 2016

Mau Kemana?



Oleh: Muhammad Fatan

Seorang guru bertanya kepada para muridnya, “Mengapa kalian belajar matematika?” Apa jawaban mereka?

“Agar pintar.”

“Supaya pandai berhitung.”

“Agar bisa menghitung uang.”

Ada juga yang menjawab rada unik: “Karena sudah jadwalnya, Pak!” Hehehe...

Ngomong-ngomong, kalau kamu yang ditanya dengan pertanyaan yang sama, kamu akan menjawab apa? *nanya serius*

Pertanyaan yang sama pernah diajukan oleh seorang guru SD di Hawaii kepada para muridnya. “Children, why do yo learn math?” “Anak-anak, mengapa kalian belajar matematika?”

Apa jawaban anak-anak SD kelas 1 itu? Lumayan mencengangkan! Ada yang menjawab, “Because I want to be a president.” Mantab! “Because I want to be a docter.” Wow!

Lihat? Anak-anak itu memiliki alasan yang “lebih”. Bagaimana denganmu?
---
Sungguh, amat penting bagimu mengetahui: alasan melakukan sesuatu. Alasan inilah yang menjadi “misi” atau “tujuan” menjalani hidup. Alasan atau misi inilah yang berakibat besar bagi hidupmu, juga untuk masa depanmu. 

Sama seperti kalau kamu naik kendaraan. Kamu sudah di atas sepeda motor atau mobil. Lalu kendaraan mulai kamu jalankan. Apa yang terjadi jika kamu menaiki sepeda motor atau mobil itu tanpa tujuan yang jelas? Kamu cuma akan keliling kesana kemari tanpa arah. Mbingungi. Akhirnya terpaksa berhenti ketika bensin sudah habis...

Begitu pula hidupmu, Sahabatku. Kalau kamu hidup tanpa alasan yang jelas, tak punya misi atau tujuan hidup yang terarah, bagaimana jalannya hidupmu? Cuma hura-hura, tamasya, kesini dan kesana, tanpa tujuan yang pasti?! Akhirnya jatah bensin hidupmu habis. Mati. Kelak ketika ditanya oleh Allah Sang Penguasa Dunia dan Akhirat, “Untuk apa hidupmu?”; apa jawabmu? 

Saat kamu bangun di shubuh hari, bertanyalah pada dirimu sendiri: “Untuk apa aku bangun pagi ini?” Apakah hanya untuk menghabiskan waktu tiada tentu? Eitts... ingat ya! Kamu adalah sang pengendara kehidupanmu. Milikilah tujuan hidup yang jelas. Mau dibawa kemana kendaraan hidupmu ini? Ke arah kemuliaan, atau kehinaan? Menuju surga, atau neraka? 

Tentukan; sekarang.

Sumber: Fanpage @emfatan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar