Kamis, 04 Agustus 2016

Mulia dengan Berjuang



Foto Outbound JAN bersama SMK Pelayaran (27/8/2015)
Oleh: Muhammad Fatan "Fantastik"

Mau sukses, tapi tak mau berpayah-payah berusaha. Mau semuanya beres, tapi tak hendak berikhtiyar. Mungkinkah?

Mungkin saja. Kalau Allah takdirkan kamu lahir di keluarga raja atau konglomerat kaya, belum lahir saja sudah memiliki harta untuk tujuh turunan, hehe... Tapi kalau tidak?

Tenang, Sobat. Allah itu Maha Adil. Manusia mulia bukan karena kekayaan, keturunan, maupun wajah dan penampilan. Manusia menjadi mulia karena iman dan taqwa kepada Allah Ta’ala. Sebagaimana kamu bisa lihat dalam perjalanan sejarah. Seperti lelaki ini.

Kulitnya hitam. Statusnya (mantan) budak belian. Di tengah masyarakat, dia direndahkan. Setelah memeluk Islam, ujian bertubi-tubi datang. Sampai akhirnya cobaan besar itu menimpanya: majikannya mengetahui ke-Islam-annya dan menyiksanya! Dia dibawa ke tanah lapang, di saat terik matahari yang sangat menyengat. Pakaian atasnya dipaksa buka. Lalu punggungnya yang tanpa alas dibaringkan di pasir yang panas, sedangkan di atas perut-dadanya ditaruh batu yang berat. Ditambah cacian, ludahan, bahkan cambukan yang menorehkan luka. Lalu tawaran datang dari para penyiksanya: keluarlah dari Islam, maka siksaan akan dihentikan.

Apa jawab lelaki itu? “Ahad, ahad...”. Lelaki itu memilih tetap dalam Islam, hingga kelak Allah bebaskan dia melalui Abu Bakar ra.

Ya. Lelaki itu memilih menjaga imannya, daripada kebebasan sementara. Karena keteguhannya dalam memuliakan Allah, maka Allah pun memuliakannya. Hari ini, hampir tak ada muslim yang tak mengetahui namanya. Dialah Bilal bin Rabah. Semoga Allah senantiasa meridlainya.

Begitu tuh seharusnya. Mau mulia? Berjuanglah. Sebagaimana Ibnu Abbas rela berpanas-panas berjalan, dari satu tempat ke tempat lainnya, demi belajar. Sebagaimana Salman Al-Farisi rela berpindah-pindah tempat, bahkan sempat menjadi budak, demi meraih kebenaran.

Tak ada kemuliaan tanpa perjuangan. No pain no gain. Berjuanglah, dan teruslah berjuang!

Sumber: Fanpage @emfatan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar