Rabu, 03 Agustus 2016

Potret Negeriku!





Oleh: Wahyu Setyawan

Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam menyiapkan generasi terbaik. Siapnya suatu negara dalam menyiapkan generasinya terlihat dari sistem pendidikannya. Melalui berbagai proses pendidikan yang baik, generasi terbaik inilah akan terlahir.

Ada sebuah pepatah berbunyi begini, “Ayam di ladang mati kelaparan, itik di sungai mati kehausan." Maksudnya walaupun ayam di kelilingi oleh lumbung padi, atau itik berenang di air tetapi tidak tahu atau tidak berkemampuan mencari makan dan minum. Pepatah ini disarikan dari kitab “Asas-asas Pendidikan Islam” karya Prof. Dr. Hasan Langgulung.

Nah, menurut saya inilah sebuah perumpamaan untuk potret negeriku. Bahwa sebenarnya potensi besar dimiliki negeri ini. Potensi kekayaan negerinya baik kekayaan alamnya maupun potensi sumber daya manusia.

Kurang apa coba? Sungguh negeri yang kaya; tanah yang subur, objek wisata yang indah nan-menarik, masyarakatnya dari berbagai jenis budaya dan suku-suku yang hidup rukun.

Tapi, beginilah potret negeriku kini. Negeri yang penuh dengan potensinya namun tak banyak yang tau akan peluang yang ada. Peluang untuk memanfaatkan sebaik-baik potensi yang ada. Disebabkan oleh ketidakberhasilan sistem pendidikan mengajarkan ilmu dan keterampilan untuk mengolah kekayaan alam yang berlimpah ruah ini. Dan kini, mereka harus meminta-minta ke negeri tetangga yang jika dilogika dengan akal sadar sedikit memalukan dengan kayanya negeri ini. Ibarat tongkat ditanam menjadi makanan, kail dan jala bisa menghidupi.

Nah, kini menjadi PR kita semua. Menjadi PR untuk orang-orang yang peduli nasib bangsa ini dan generasinya.

Wahai para tokoh pendidik, orang tua dan generasi mudanya, mari menyiapkan sistem pendidikan yang baik. Agar kita bisa memetik hasil generasi terbaik kelak. Generasi yang siap untuk memimpin negeri ini, menjadi negeri yang penuh keberkahan. Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar