Rabu, 31 Agustus 2016

Tentang Sosok Tertulis




Oleh: Amin Novianto
Siapakah namanya? 

Orang yang membuatmu tergugah menjadi lebih baik. Orang yang jika disebut namanya, kamu teringat akan perjuangannya. Sosoknya boleh jadi tidak dikenal banyak orang atau sebaliknya. Meski belum pernah bertemu dengannya, kamu begitu tertarik meniru kesuksesannya, prestasinya dan kebaikannya. Meski ia hanya sempat menyapamu dalam tulisan kisah hidupnya. Kamu mengenalnya lewat membaca!

Kisah pasti tak lepas dari keberadaan tokoh utama. Kisah tentang tokoh utama in sering kali membekas di hati pembaca sebab ia memiliki sisi human interest. Oh ya, human interest itu sendiri apa sih? 

Pada kesempatan sekolah jum'at (12/08/2016) inilah salah satu hal yang dibahas dalam tema kepenulisan. Bersama Pak Fatan Fantastik, peserta diajak untuk belajar bersama tentang "Menulis Manusia." Sebagai contoh: survivor of disaster, reuni keluarga, kisah orang mengejar cita-citanya, kisah yang mengaduk emosi, subjek yang luar biasa, kegiatan teman kelas. Itulah contoh tulisannya. 

Jadi human interest itu sendiri apa? 

Human interest dalam sebuah tulisan adalah ketika suatu tulisan mempunyai pengalaman atau aspek-aspek emosi yang memikat pembaca. Misalnya tulisan tentang sosok seseorang. Dalam tulisan sosok setidaknya ada tiga hal yang dibahas yaitu: orang dan masalahnya, kegelisahannya dan pencapaiannya. 

Melalui penulisan sosok ini pembaca diharapkan termotivasi melakukan seperti sosok yang ditulis. Maka bagaimana caranya? Pak Fatan menyampaikan di antara hal yang harus diperhatikan adalah perhatikan pada awal paragraf dalam tulisan atau disebut lead. Lead harus mempunyai daya pikat yang kuat. Untuk penulisan sosok ini biasanya berupa softnews. Oleh karena itu selain pembukaan yang kuat, di akhir tulisan pun harus ditutup dengan penguat pula. 

Nah sobat, kamu sudah pernah membaca atau bahkan menulis sosok? Sejauh mana bacaanmu atau tulisanmu itu memiliki daya pikat yang kuat? Tulisan tentang sosok ini penting untuk diperhatikan, sebab kita berkepentingan untuk menebar kebaikan, untuk membangun SDM yang lebih baik. Dan berbincang soal SDM, kami ingin turut membangun SDM melalui forum sekolah jum'at. Jadi jangan lupa luangkan waktu untuk hadir ke Rumah Nah ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar