Rabu, 07 September 2016

Reportase Sekolah Jum`at SDM: Doa dan Cita




Oleh: Amin Novianto

Milikilah impian atas setiap doa yang kita panjatkan! Karena berdoa bukanlah sekadar mengucap segenap permohonan kepada-Nya. Sebab Rasulullah pun mengajari kepada kita bahwa jika kita meminta masuk surga, mintalah Surga Firdaus! 

Mari kita simak sebuah ayat berikut ini: 

"Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai  menyapihnya selama tiga puluh bulan , sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, dia berdoa "Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir kepada anak cucuku. Sungguh aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh aku termasuk orang muslim."

Ayat tersebut bisa kita temukan di dalam Al-Qur'an, Surah Al-Ahqaf ayat ke-15. Dalam ayat ini, tersebut usia 40 tahun. Sungguh ada pelajaran penting bisa kita dapatkan darinya.
Bertepatan dengan pekan ketiga bulan Agustus, di Rumah Nah berlangsung Sekolah Jum'at dengan tema pengembangan SDM. Pada kesempataan ini (19 Agustus 2016), ayat tersebut menjadi sebuah nasihat penting untuk dicermati. Pak Denis mengajak peserta untuk merenungi ayat tersebut. Bahwa umur 40 tahun adalah sebuah masa bagi seseorang untuk matang secara mental. Sehingga ada beberapa hal penting dalam doa yang tersebut pada ayat di atas.

Ada tujuh hal yang perlu kita siapkan untuk benar-benar mapan saat menginjak usia 40 tahun. Hal ini disampaikan oleh Pak Denis dalam forum ini. Ketujuh hal tersebut antara lain:
1. Mapan dalam berbakti kepada ibu dan bapak.
2. Mapan dalam mensyukuri nikmat Allah.
3. Mapan dalam melakukan amal shalih yang diridhai.
4. Mapan dalam melakukan proyek-proyek kebaikan.
5. Mapan dalam menyiapkan keturunan agar tidak kita khawatirkan nasibnya setelah kita meninggal,  baik dari sisi material maupun spiritual.
6. Mapan secara spiritual, agar pada usia ini segala orientasi hidup terarah menuju akhirat.
7. Mapan secara finansial.
Betapa pentingnya doa ini. Maka mari sungguh-sungguh kita siapkan sebelum mencapai usia 40 tahun. Mau? Ayo berbekal dengan ilmu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar