Selasa, 18 Oktober 2016

Adab-adab di Dalam Masjid



Foto Bedah Buletin Nih di BCB Temuwuh (15/ 10/ 2016)

Oleh: Fajar Yunan Fanani

Tahukah kalian, tempat  yang paling dicintai Allah di bumi ini? Yap, jawabannya masjid.
Tentu kita harus menjaga sopan santun saat berada di masjid karena masjid adalah rumah Allah di muka bumi. Di edisi Buletin Nih kali ini, mari kita belajar adab-adab di dalam masjid: 

1. Menjaga etika ketika masuk masjid
Kalau mau masuk masjid, hendaknya pakai kaki kanan terlebih dahulu. Jangan kaki kiri, karena kalau kaki kiri itu adalah adab masuk ke kamar mandi. 

2. Mengagungkan masjid
Masjid itu tidak seperti pasar. Masjid untuk beribadah kaum muslim. Hendaknya kita mengagungkan masjid dengan melakukan kegiatan yang baik. Seperti sholat, membaca Al-Qur`an, dan mengadakan kegiatan yang baik seperti pengajian. 

3. Tidak membuat kegiatan yang sia-sia
Sobat, jika kita di dalam masjid, janganlah melakukan hal  yang sia-sia. Seperti mengobrol. Pahala dari Allah bisa berkurang hanya karena mengobrol hal yang sia-sia dengan temanmu.

4. Mengaitkan hati dengan masjid
Sungguh beruntunglah orang yang hatinya rindu dengan masjid. Kelak mereka di Padang Mahsyar akan dilindungi oleh Allah SWT.

5. Menjaga kebersihan masjid dan kenyamanannya
Kebersihan adalah sebagian dari Iman. Jika kita beriman, harusnya menjaga kebersihan masjid. Dari kebersihan diri sendiri dan kebersihan di dalam masjid. Janganlah berbicara keras, karena bisa mengganggu kenyamanan orang yang di dalam masjid.  

Itulah beberapa adab di dalam masjid. Semoga sobat bisa mengamalkannya. Semoga hati sobat selalu merindukan masjid.

Allah akan memuliakan orang yang memakmurkan masjid. Jadi? Yuk, ramaikan masjid dengan cara dan kegiatan yang baik. Contohnya, bedah bareng-bareng aja Buletin Nih di masjidmu. Yuhuu...!!! :)

Sumber: Buletin Nah #11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar