Selasa, 29 November 2016

Adab-adab Berpuasa

Foto Bedah Buletin Nih di SD N Kintelan (19/11)
Oleh: Silvia Maharani
Sesungguhnya di surga ada delapan buah pintu. Salah satunya bernama Ar-Rayyan. Pintu ini hanya bisa dimasuki orang-orang tertentu. Siapakah dia? Apakah sobat termasuk di dalamnya?
Karena pintu Ar-Rayyan itu spesial untuk orang-orang yang rajin berpuasa karena Allah, mari kita belajar bersama beberapa adab berpuasa di edisi Buletin Nih ini. Adab-adab berpuasa ini kami ringkaskan dari buku “Ensiklopedi Adab Islam” karangan 'Abdul 'Aziz Fathi as-Sayyid Nada. 

  1. Niat yang baik
Hendaknya orang yang berpuasa niatnya untuk mencari ridha Allah. Bukan karena hal-hal yang lain seperti: disuruh oleh guru atau orang tua, mengirit uang saku, dan lain-lain.

  1. Bersahur walaupun hanya meminum seteguk air
Apakah sobat termasuk  malas bangun untuk sahur? Jika iya, jangan diulangi lagi ya. Karena Nabi Muhammad menganjurkan sahur, meskipun dengan seteguk air. Karena di waktu sahur terdapat berkah di dalamnya. Oh ya, Rasulullah juga menganjurkan kita untuk mengakhirkan sahur.

  1. Menjaga anggota tubuh ketika berpuasa
Berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi kita harus menjaga anggota tubuh kita dari melakukan dosa seperti: menjaga pandangan mata, menjaga hati, dan menjaga lisan dari perkataan yang sia-sia, bohong, dan kotor.

  1. Menyegerakan berbuka

Apakah sobat sering menunda-nunda untuk berbuka puasa? Sobat sering berbuka puasa dengan makanan apa? Kalau Rasulullah menganjurkan kita untuk berbuka dengan kurma. Beliau tidak pernah menunda-nunda untuk berbuka ketika adzan berkumandang.

Itulah beberapa adab berpuasa sesuai dengan sunnah Rasulullah. Semoga kita bisa mempraktikan adab-adab dalam berpuasa. Sampai berjumpa di pintu Ar-Rayyan! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar