Selasa, 27 Desember 2016

Taat nan Berkuasa

  
Oleh: Zakiy Zakaryya Ali 
Ada yang keren nih kawan. Bagaimana tidak keren? Bayangkan, ada seorang nabi yang bisa memahami bahasa hewan. Lalu bisa menjinakkan angin dan menguasai jin. Siapa dia? Cari tahu di bawah ini ya.

Pada suatu hari nabi ini mengumpulkan bala tentaranya yang terdiri dari golongan manusia, jin, dan hewan. Lalu mereka berbaris dengan tertib untuk melakukan perjalanan. Saat di perjalanan, nabi ini menemukan lembah semut. Kemudian dia mendengar ada seekor semut yang berkata kepada semut-semut yang lain, “Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang kalian, agar kalian tidak diinjak oleh nabi ......... (namanya dicari sendiri ya) dan bala tentaranya. Karena mereka sebentar lagi akan melintasi kawasan ini.” 

Ketika ia mendengar perkataan semut tersebut, ia hanya tersenyum dan tertawa. Lalu nabi ini berdoa, “Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kedua orangtuaku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” (QS. An-Naml:19).

Apakah kalian pernah mendengar kisah tersebut? Jika pernah, kisah nabi siapakah itu? Ya, itu adalah kisah Nabi Sulaiman. Nabi yang sangat kaya. Dengan istananya yang sangat megah dan semua serba ada. Dan dia sendiri yang jadi rajanya. Dia juga memiliki pasukan yang tidak seperti biasanya. Pasukannya terdiri dari manusia, jin, dan hewan. Akan tetapi dengan kenikmatan itu, Nabi Sulaiman tetap taat kepada Allah. 

Nah, dari kisah di atas kita dapat mengambil pelajarannya. Yaitu, jika kita memiliki kelebihan maka jangan sombong. Dan segeralah memuji Allah agar Allah menambahkan nikmat kepada kita. Apakah kalian sekarang ingin menjadi orang yang mulia seperti Nabi Sulaiman?

Sumber: Buletin Nih #13 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar