Kamis, 02 Maret 2017

ADAB-ADAB MENUNTUT ILMU


Oleh: Zakiy Zakaryya Ali

“Aku mempelajari adab selama 30 tahun. Kemudian aku menuntut ilmu selama 20 tahun.”
       (Ibnu Al-Mubarak)

Kok bisa ya, adab dulu baru ilmu? Apakah adab sangat penting? Apakah ilmu tidak penting? Ya, tentu keduanya sama-sama penting. Tapi yang lebih utama adalah adab.

Maka, yuk sobat kita belajar bareng apa saja adab seorang penuntut ilmu. Ini penting karena sekarang kita adalah seorang penuntut ilmu. Adab-adab ini kami ringkaskan dari buku  Adab dan Akhlak Penuntut Ilmu karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas dan Ensiklopedi Adab Islam karya 'Abdul 'Aziz bin Fathi as-Sayyid Nada:

1. Niat belajar karena Allah
 Niat ini sangat penting bagi orang yang menuntut ilmu. Agar belajar kita dapat pahala dari Allah dan masuk surga.

2. Jangan makan minum berlebihan
Makanlah secukupnya, jangan sampai kekenyangan. Pernah makan kekenyangan? Akibatnya bisa malas untuk menuntut ilmu. Bisa jadi malah ngantuk di kelas dan tidak konsentrasi mendengarkan pelajaran. Oh ya, makanlah makanan yang halal dan baik.

3. Menghindari banyak tidur
Apakah kalian tahu, apa akibatnya jika seorang penuntut ilmu banyak tidur? Pasti saat menuntut ilmu, orang yang banyak tidur akan malas. Sobat mau jadi orang malas?

4. Menjauhi maksiat
Coba kalian bayangkan, ada orang yang setiap saat melakukan maksiat. Apa yang terjadi? Pasti orang itu akan susah menangkap ilmu yang disampaikan oleh guru. Ilmu adalah cahaya. Ilmu tidak akan datang kepada orang yang suka maksiat.

5. Memilih guru yang baik
Guru adalah orang yang patut kita tiru. Maka apabila kalian ingin menjadi orang yang baik carilah guru yang baik pula.

6. Berteman dengan teman yang baik
Teman yang baik ibarat minyak wangi. Ia akan menularkan wangi pada kita. Berteman dengan teman yang baik akan membantu kita untuk belajar yang baik.

Nah bagaimana sekarang? Apakah sobat sekarang sudah tahu adab-adab menuntut ilmu? Kalau sudah jangan lupa diamalkan ya, karena adab ini sangat penting bagi seorang penuntut ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar