Rabu, 08 Maret 2017

Adam, Malaikat, dan Iblis



Oleh: Fajar Yunan Fanani

Siapa yang suka baca kisah? Kalau Sobat termasuk suka, kami punya kisah yang baik untuk dibaca. Kisah ini diringkas dari kitab “Kisah Para Nabi” karangan Ibnu Katsir. Silahkan disimak ya!

Sebelum Allah menciptakan seluruh benda yang ada di bumi, Allah telah menciptakan malaikat dan iblis. Malaikat diciptakan dari cahaya. Sedangkan iblis diciptakan dari api. Lalu, Allah menciptakan satu makhluk lagi untuk menjadi khalifah di bumi, yaitu manusia.

Manusia adalah makhluk Allah yang paling sempurna. Karena hanya manusia saja yang diberi akal oleh Allah. Sedangkan iblis dan malaikat tidak diberi akal oleh Allah. Allah menciptakan manusia dari tanah liat dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Setelah bentuk tubuh jadi, maka Allah meniupkan ruh ke bentuk itu. Dan manusia pertama itu bernama Adam.

Setelah penciptaan tubuh Adam selesai, Allah menyuruh malaikat dan iblis bersujud kepada Adam. Semua malaikat sujud kepada Adam, kecuali iblis. Iblis tidak mau bersujud kepada Adam. Iblis merasa sombong karena diciptakan dari api. Sedangkan Adam dari tanah kering dari lumpur hitam. Iblis juga menganggap bahwa Adam juga lemah

Karena sombong dan durhaka, iblis diusir dari surga dan tidak boleh kembali ke surga lagi. Sebelum iblis keluar dari surga, iblis punya satu permintaan kepada Allah. Yaitu, dihidupkan sampai hari Kiamat dan mengajak anak keturunan Adam untuk masuk ke neraka, kecuali hanya orang yang bertakwa kepada Allah. Allah mengabulkan permintaan iblis.

Jadi, siapakah di antara kalian yang pingin menemani iblis di neraka? Atau pingin kembali ke surga?  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar