Rabu, 05 April 2017

Resensi Kitab Muslim Hebat “Mengubah Pribadi Biasa Menjadi Luar Biasa”



Oleh: Wahyu Setyawan 

Judul: Muslim Hebat “Mengubah Pribadi Biasa Menjadi Luar Biasa”
Karya: Abu Umar Abdillah
Penerbit: Ar-Risalah
Harga: Rp 80.000,- (belum termasuk diskon)
HC: 309 hlm

Imam Syafi’i rahimahuLlah tidak lahir dalam keadaan telah hafal Juz ‘Amma. Imam Ahmad tidak lahir dalam keadaan hafal hadits Arba’in. Mereka lahir dalam keadaan tidak tahu apa-apa, sebagaimana juga kita. Lalu Allah memberikan kepada mereka pendengaran, penglihatan, dan hati. Lalu mereka mensyukuri nikmat tersebut, menjaganya, memanfaatkan sebagaimana mestinya, hingga mereka menjadi manusia ‘super’; faqih dalam bidangnya masing-masing. 

Setiap insan yang Allah ciptakan memiliki berbagai potensi masing-masing. Tergantung bagaimana potensi itu dikembangkan, yang kemudian akan dilejitkannya menjadi potensi yang dahsyat.

Dalam kitab ini; Muslim Hebat “Mengubah Pribadi Biasa Menjadi Luar Biasa”, penulis menginginkan setiap muslim melejitkan potensinya, menjadi pribadi muslim yang kuat, sehingga ia mampu melejitkan potensi dan cita-citanya. Meskipun kendala di setiap pribadi berbeda-beda, namun bekal diri tetaplah sama.

Menjadi manusia sempurna memang tidak mungkin. Tapi menjadi manusia yang mampu menjadi rujukan manusia di zamannya dan generasi setelahnya tidaklah mustahil. Bukan untuk keren-kerenan, namun demi teraihnya nilai plus di sisi Allah. Karena orang yang dijadikan pelopor, rujukan, dan penyeru dalam kebaikan akan mendapatkan pahala kebaikannya sendiri, serta pahala orang yang mengikutinya.

Penulis menjelaskan, sejarah Islam sedemikian kaya akan lembaran-lembaran yang mencatat manusia-manusia ‘super’ yang menjadi rujukan dalam kebaikan bagi orang-orang setelahnya. Seperti, para sahabat, ada para ulama salaf, imam fuqaha’, dan para muhadditsin (ahli hadits), ulama-ulama yang ahli hukum halal haram.

Nah, Penulis memulai dengan Bagian pertama tentang “Potensi dan Cita-cita”, pada bagian ini merupakan bekal yang harus dipegang oleh setiap muslim. Bagian kedua tentang “Kendala Diri”, bagian ketiga “Bekal Diri”, bagian keempat “Karakter”, bagian kelima “Prestasi”, bagian keenam “Pengusir Penat”. Dengan berbekal keenam bagian tersebut, pembaca dapat menyelaminya sampai kedasar bagian paling dalam, dan mengambilnya keluar permukaan untuk melejitkan potensi yang berada dalam dirinya.

Karena, “Modal Mereka Sama dengan Modal Kita”, tak ada alasan untuk pesimis, karena  sarana yang telah Allah berikan kepada makhlukNya sama halnya dengan apa yang telah dikaruniakan kepada para ulama; semisal Ibnu Qayyim al-Jauziyah, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Ibnu Hajar, begitu dengan para ulama Imam Madzhab. Potensi yang setiap Muslim punya sama dengan potensi yang mereka punya, dan kita memulai dari start yang sama pula.

Buku yang dahsyat ini perlu dimiliki oleh setiap muslim, yang ingin mengubah pribadi yang biasa menjadi luar biasa. Pribadi yang ingin menyelami potensi pada dirinya dan memunculkannya. Anda akan dapatkan bekal-bekal melejitkan potensi dan meraih cita-cita, serta motivasi-motivasi hebat dari kisah-kisah kalangan ulama, sahabat-sahabat utama, bahkan orang-orang yang beliau tuturkan setiap bagiannya. Segera miliki buku ini. Selami dan gali setiap bagiannya, akan engkau rasakan manfaatnya. Jadikan dirimu menjadi pribadi muslim yang hebat, dan lejitkan potensi dan cita-cita dirimu. Semoga bermanfaat...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar