Selasa, 02 Mei 2017

AKTIVITAS BERENANG

Oleh: Silvia Maharani 

“Byuuuuuurrrrrr....,” Suara seorang siswa yang terjun ke kolam renang! Awalnya ia tidak berani. Tetapi setelah mencoba, ia ketagihan.

Berenang merupakan olahraga yang paling menyenangkan dan bermanfaat. Sobat sepakat? Apalagi manfaatnya banyak. Di antaranya untuk menguatkan semua otot-otot tubuh, memperkuat kerja jantung dan paru-paru, serta memperlancar peredaran darah.

Berenang juga memiliki peran penting dalam menanamkan kepercayaan diri dan keberanian kita lho. Karena di saat berenang, harus ada keberanian untuk menceburkan diri ke dalam air. Maka, apabila Sobat belum pernah berenang dan tidak mau mencoba, kelak akan menyesal ketika dewasa.

Sebagaimana diriwayatkan dari Umar bin Khaththab radhiyaLlaahu 'anhu bahwa Nabi ShallaLlaahu`alaihi wa Sallam bersabda: “Ajarkanlah kepada anak-anak kalian berenang, memanah, dan tetaplah duduk di punggung kuda yang sedang melompat.”
(HR. Al-Baihaqi)

Dari hadits ini menjadi jelaslah! Ada tiga hal olahraga yang dianjurkan Rasulullah. Satu di antaranya adalah berenang. Renang ini memiliki peran penting dalam diri kita untuk masa sekarang maupun masa mendatang, terutama kesehatan tubuh kita.


Sobat punya rencana olahraga apa dalam sepekan ini? Ada belum? Rencana berenang bersama teman? Boleh! Ingat ya, jaga aurat! Selamat berenang dengan hati riang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar