Selasa, 23 Mei 2017

KEUTAMAAN PUASA


Oleh: Muhammad Rosyad

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Qs. Al-Baqarah: 183).

Teman-teman, sudah tahu`kan tentang  wajibnya puasa, khususnya puasa Ramadhan? Puasa bukanlah ibadah sembarangan. Ia memiliki banyak keutamaan. Dan teman-teman sudah tahu keutamaan puasa? Di kolom sinau edisi buletin Nih ini, kita akan bahas tentang keutamaan puasa. Silahkan disimak ya!

Akan tetapi sebelum membahas tentang keutamaan puasa, kita bahas dahulu tentang arti dari puasa. Apa itu puasa? Puasa dalam bahasa Arab disebut “Shaum”. Shaum secara bahasa bermakna imsak (menahan diri) dari makan, minum, berbicara, nikah, dan berjalan. Sedangkan secara istilah shaum bermakna menahan diri dari segala pembatal puasa seperti makan dan minum.

Nah, sekarang setelah tahu apa itu puasa, kita akan tahu apa itu keutamaan puasa. Inilah keutamaan ibadah puasa:

1. Puasa adalah jalan meraih takwa
2. Puasa adalah penghalang dari siksa neraka
3. Amalan puasa akan memberikan syafa'at (pertolongan) di hari Kiamat
4. Orang yang berpuasa akan mendapatkan pengampunan dosa
5. Puasa menjadi pengekang syahwat
6. Pintu surga Ar-Rayyan bagi orang yang berpuasa
7. Orang yang berpuasa memiliki waktu mustajab terkabulnya doa

Semoga setelah teman-teman tahu keutamaan berpuasa, jadi semakin rajin berpuasa ya. Apalagi puasa di bulan Ramadhan sebulan penuh. Agar Allah semakin cinta pada kita. Agar kita dimasukkan ke surga. Mau? Pasti mau!


#buletinnih #temanmeraihsukses 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar