Rabu, 28 Juni 2017

HAFAL AL-QUR`AN SEJAK KECIL

Oleh: Fajar Yunan Fanani

Apa kabar iman teman-teman sekalian? Sholatnya sudah tepat waktu? Selanjutnya, apakah teman-teman sudah membaca Al-Qur`an? Jika ada yang belum baca, silahkan membaca Al-Quran   dahulu. Dijamin hati akan menjadi tenang. Dapat pahala lagi.

 Setelah ini, saya mau menceritakan kisah ulama yang dengan Al-Qur`an, orang ini mulia di dunia dan di akhirat. Ulama ini bernama Abu Zakariya Yahya bin Syaraf. Kita lebih sering mengenalnya dengan nama Imam Nawawi.

Imam Nawawi adalah seorang yatim sejak kecil. Beliau lahir pada bulan Muharam tahun 631 H di desa Nawa (yaitu sebuah kampung di Damaskus). Ibu dan bapaknya adalah seorang yang shalih. Beliau sejak kecil sudah tidak senang dengan bermain. Apakah teman-teman masih suka bermain? Tetapi anak ini sangat berbeda dengan anak-anak yang lain. Jika diajak bermain oleh teman-temannya Imam Nawawi malah menangis. Hal ini membuat teman-temannya tidak suka berkumpul dengan Imam Nawawi. Lalu apa yang Imam Nawawi lakukan jika tidak bermain? Sobat tahu? Ternyata alah satu hal yang disukai Imam Nawawi adalah menghafal Al-Qur`an.
           
Saat Imam Nawawi dewasa, beliau menjadi ulama yang terhormat. Buktinya, Imam Nawawi telah menulis beberapa karya besar. Teman-teman tahu apa nama karyanya? Yaitu kitab Riyadush Shalihin, Hadits Arba'in An-Nawawiyah, Kitab Al-Adzkar, dan masih banyak lagi.


Semoga kita semua akan menjadi Imam Nawawi selanjutnya. Insya Allah. Dan jangan lupa semangat, ikhtiar, tawakal, dan niat yang lurus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar