Rabu, 28 Juni 2017

MASJIDIL AL-AQSHA ADALAH MILIK KITA

Oleh: Annafi`af Firdaus 

“Ya Rabbi, sesungguhnya aku berjanji kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat di Baitul Maqdis (Masjidil Aqsha). Karena itu, terimalah janjiku ...” (QS. Al-Imran: 35)

Inilah janji seorang wanita mulia. Wanita yang namanya In Sya Allah kelak dipanggil malaikat penjaga surga. Seorang wanita, yang meski belum dikaruniai putra saat berumur renta, tidak pernah berputus asa dalam meminta. Dia yakin bahwa ketetapan Allah adalah terbaik baginya. Dia yakin, dengan belum dikaruniainya putra, ia diminta Sang Pencipta untuk lebih dekat denganNya. Hingga akhirnya, ia mengandung seorang wanita terbaik di zamannya; Maryam binti Imran.

Hannah binti Faqudz yang merupakan seorang ahli ibadah ini, sebenarnya ingin sekali memiliki putra. Seorang putra yang kelak mengabdi di Masjidil Aqsha. Akan tetapi, Allah berkehendak lain. Anak yang dikandungnya ternyata wanita. Meski begitu, Hannah tidak mengingkari janji. Ia tetap menyerahkan Maryam binti Imran kepada Allah sebagai ahli ibadah dan “pelayan” di Masjidil Al-Aqsha.

Inilah Masjidil Al-Aqsha yang menjadi saksi janji Maryam dan sang ibunda. Di tempat ini, Maryam yang diasuh oleh Nabi Zakariyya menjadi mulia karena ibadahnya. Ya. Maryam mulia karena ia menyerahkan hidupnya untuk beribadah dengan sungguh-sungguh kepada Allah.

Maka, apabila sejak 1948 hingga hari ini Zionis Israel laknatulullah ingin menghancurkan Masjidil Aqsha, apakah kita tidak tercabik-cabik?       Itu adalah tempat yang suci. Di sanalah, menjadi saksi bagaimana perjuangan Maryam binti Imran diragukan kesuciannya karena hamil tanpa ada pernikahan. Di kota Jerussalem (Palestina) itulah, tempat bersaksi para Nabi dan Rasul diutus dan berdakwah di sana. Sebuah kota yang menyediakan air minum untuk para utusan Allah, udara mereka hirup, tanah dipijak, serta tempat merebahkan tubuh mereka yang mulia.

Hari ini, Palestina dengan segala isi sejarahnya sedang berduka. Apakah mereka butuh kita?Justru kita yang butuh Palestina dan Masjidil Al-Aqsha ...

Bismillah. Ayo peka dengan yang terjadi dengan Palestina dan saudara Muslim lain yang sedang tertindas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar