Rabu, 05 Juli 2017

IKLAN

Oleh: Annafi`ah Firdaus

“Glegekkk...glegekkk...glegekk....glegekkk...glegekkk.”

Suara cukup keras seorang lelaki di layar televisi. Minum sambil berdiri, pegang botol pakai tangan kiri, dan minum satu botol langsung habis.

Pernah minum dengan cara seperti itu? Kira-kira sudah betul cara si lelaki di layar televisi tadi?

Karena minum adalah satu di antara kebutuhan tubuh kita, perlulah kita tahu cara yang benar ketika minum. Adalah sesuai petunjuk Rasulullah agar minum kita tidak sekadar menghilangkan haus semata. Tapi sekaligus dapat pahala.

Adalah Rasulullah, pertama, kalau minum menggunakan tangan kanan. Kenapa pakai tangan kanan? Inilah sunah. Sesiapa yang mengikuti Rasulullah, termasuk golongan Rasulullah. Kalau pakai tangan kiri? “Sesungguhnya syaitan itu makan dan minum dengan tangan kirinya,” kata Rasulullah. Bisa disimpulkan sendiri ya!

Kedua, Rasulullah minum sebanyak tiga kali. Maksudnya? Apabila Rasulullah minum, beliau baca bismillaah lalu minum kemudian mengucapkan alhamdulillaah dan menjauhkan bejana (gelas) dari mulutnya. Setelah itu, baca bismillaah lagi, lalu minum, kemudian mengucapkan alhamdulillaah dan menjauhkan bejana (gelas) dari mulut beliau. Sesudah itu, mengucapkan bismillaah lalu minum untuk ketiga kalinya, kemudian menjauhkan gelas dari mulutnya dan mengucapkan alhamdulillaah.

Ternyata cara Rasulullah ini, selain yang mengamalkannya dapat pahala, dapat pula manfaat kesehatan yang banyak. Sebagian dokter menyebutkan bahwa bagian rongga dalam manusia ketika haus, biasanya suhunya lebih panas dari pada suhu air minum. Oleh karena itu, minum Rasulullah adalah cara yang tepat. Yaitu awalnya sedikit, lalu ditambah, lalu ditambah lagi, dan minum sampai haus hilang sehingga rongga dalam tubuh suhunya bisa normal lagi. Bukan seperti si lelaki dalam layar televisi tadi!

Selain itu, minum dengan cara Rasulullah yang tidak langsung habis dan bersuara keras seperti halnya unta, “Yang demikian lebih segar, lebih nikmat, dan lebih mengenyangkan.”

Lalu bagaimana minum dengan cara berdiri?

Rasulullah bersabda, “Jangan salah seorang dari kalian minum dengan berdiri. Apabila ia lupa, hendaknya ia memuntahkannya.” (HR. Muslim)

Jelas ya? Jangan tertipu dengan iklan di televisi. Bisa jadi kalau kita cek lagi tentang sebuah iklan, eh ternyata bertentangan dengan yang diperintahkan Allah dan diteladankan Rasulullah. Pastinya tidak mau jadi orang yang merugi, termasuk urusan minum.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar