Kamis, 20 Juli 2017

"Sudahkah Kita Puas"


Oleh: Adik Yusuf Wicaksono 

Kita tidak memungkiri bahwa sahabat Rasulullah adalah sebaik-baik generasi. Mereka utama, mereka mulia, dan mereka tinggi kedudukannya.

Mereka lahir dari sebuah pendidikan yang tidak biasa, yang tidak mementingkan nilai raport atau pun deretan angka dalam ijazah. Bukan angka 10 atau 9 untuk pelajaran Akidah, Akhlak, Ibadah yang mereka harapkan. Bukan juga nilai 10 atau 9 ketika mereka mampu melaksanakan praktek shalat dengan baik dan benar. Tapi ilmu yang benar, lantas di amalkan, dan mengharap ridho Allah Ta'ala, itulah yang mereka dambakan.

Mereka generasi utama dan mulia, mereka terlahir dari pendidikan yang utama dan mulia pula. Dengan Rasulullah SAW sebagai guru utama, sekaligus sosok guru yang menjadi teladan bagi muridnya, dengan materi-materi penguat iman, dengan materi yang langsung merujuk pada Al-Quran. Dengan racikan metode-metode yang luar biasa, di sesuaikan waktunya, usianya, kondisinya bahkan tempatnya.

Jika ada yang mengatakan itu metode klasik dan sudah tidak zamannya, yang menjadi pertanyaan, "apakah pendidikan hari ini, dengan model pendidikan barat yang dikatakan 'modern' sudah mampu melahirlan output sekelas sahabat?" Dengan quantum learning, quantum teaching membuat peserta didik menjadi sekelas sahabat? Dengan pengajaran tepuk diam, tapuk anak shalih dan sejenisnya itu mampu? Tampaknya tidak.

Semua telah terbukti, mereka (para sahabat) pernah ada. Model pendidikan mereka pernah ada, output pendidikannya telah kita pelajari sejarahnya yang sangat jelas keberhasilannya. Namun hari ini itu semua tergeser oleh model pendidikan yang dianggap modern itu. Nilai jadi prioritas, angka-angka jadi prioritas, ilmu dinomer sekiankan, pengokohan iman di tiap pelajaran tampaknya dilupakan, peserta didik yang berakhlak tampak hanya slogan yang terpampang. .

Semua perlu berbenah! Benar, semua perlu berbenah jika ingin lahir orang-orang di masa depan seperti para sahabat yang utama lagi mulia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar