Rabu, 09 Agustus 2017

Ilmu Itu Penting

Oleh: Muhammad Dias 

Ilmu itu penting kenapa? Karena ilmu itu menjadikan tahu yang hak dan batil. Sebelum menuntut ilmu hendaknya kita seorang menuntut ilmu melihat dan beristikharah kepada Allah tentang orang yang akan dijadikan guru, yaitu yang bisa menjadi contoh keteladanannya adab dan akhlak.

Dan bagaimana sikap seorang  menuntut ilmu? Yaitu menghormatinya, memuliakan kedudukannya, dan tidak sombong atau malu untuk bertanya. Munculkan rasa bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu seperti contoh orang-orang terdahulu yang sangat antusias dalam majelis ilmu untuk mendapatkannya.

Dari Ahmad  bin Sinan berkata “Dalam majelis ‘Abdurrahman bin Mahdi tidak ada seorang pun yang berbicara, tidak ada pensil yang diraut, dan tidak ada seorang pun berdiri. Seolah-olah di atas mereka ada burung atau seolah-olah mereka sedang shalat. Jika mereka melihat salah seorang di antara mereka tersenyum atau bercakap-cakap, maka ia memakai sendalnya lalu keluar."

Itulah kisahnya orang-orang terdahulu yang bersungguh-sungguh untuk mendapatkan ilmu dengan memperhatikan dan mendengarkan dengan sebaik-baiknya.


Setiap seorang muslim itu wajib untuk menuntut ilmu dari Al-Qur’an dan as-sunnah. Maka dari itu kita munculkan niat kita dari sekarang untuk menuntut ilmu dengan bersungguh-sungguh pantang menyerah walau banyak cobaan dan rintangan yang akan dihadapi. Karena itu kita perhatikan guru atau yang didepan yang menyampaikan karena ilmu itu penting oke!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar