Rabu, 02 Agustus 2017

Membaca Al-Qur’an dengan Tartil


                            
                                                        Oleh: Muhammad Rosyad

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran maka adakah orang yang mengambil pelajaran.” (Al-Qamar: 17).

Apakah teman-teman sudah tahu bagaimana kita bisa membaca Al-Qur’an dengan tartil? Kalau belum tahu? Silahkan simak ya!

Membaca Al-Qur’an dengan tartil itu mudah teman! Kalau kita bersungguh-sungguh untuk membacanya. Dan ada juga di dalam Al-Qur’an kalau kita diperintahkan untuk membaca Al-Qur’an dengan tartil. Yaitu Allah berfirman, “Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan tartil (perlahan-lahan).” (Al-Muzzammil: 4).

Dan membaca dengan tartil artinya membaca dengan pelan dan perlahan, serta mengucapkan huruf-huruf dari makhrajnya dengan tepat. Dan ada salah satu sahabat Nabi berpesan,
“Janganlah kalian membacanya dengan cepat seperti membaca prosa dan sya’ir. Berhentilah pada ayat-ayat yang menakjubkan dan buatlah hati kalian bergetar karenanya.”
“Wahai anak Adam,” Kata Al-Hasan, “Bagaimana hatimu akan luluh jika yang ingin segera kau capai adalah akhir dari sebuah surat (ingin segera selesai mambaca).”

Nah, cukup sekian sedikit belajar tentang membaca Al-Qur’an dengan tartil mudah-mudahan sebagai penyemangat untuk membaca Al-Qur’an dengan tartil. Dan bisa mendapatkan pahala dari Allah Ta’ala. Mau? Pasti mau!

*Naskah Lolos Kusen per 29 Juli 2017 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar