Rabu, 30 Agustus 2017

ULAMA TERKEMUKA


Oleh: M. Rosyad

Nama aslinya Yahya bin Syaraf. Beliau lahir di Nawa pada tahun 631 Hijriyah. Beliau menuliskan kitab-kitab yang sampai sekarang masih dibaca dan kitab-kitab itu sangat terkenal. Seperti Riyadhush Shalihin, Al-Adzkar, Hadits Arba’in dan masih banyak lagi.

Kisah di masa kecilnya sangat menakjubkan. Tapi, sebelum melanjutkan cerita, penulis mau tanya. Hayo…. Jujur saja, pernahkah kamu menangis gara-gara disuruh berhenti bermain oleh ayahmu? Kamu pernah mengalamikan? Memang anak seusia teman-teman paling hobi bermain. Karena hobinya, ee.. kadang-kadang belajarnya lupa! Tapi, tokoh yang satu ini berbeda. Sejak kecil, menghafal Al-Qur’an, menghafal hadits dan membaca buku lebih ia sukai daripada bermain yang tidak ada manfaatnya (sia-sia).

Beliau di waktu kecil disuruh sang ayah untuk menjaga toko. Di sela-sela kesibukannya itu, ia dengan tekun menghafal Al-Qur’an dan membaca buku-buku yang bermanfaat. Tidak heran, ia sudah hafal Al-Qur’an saat umurnya belum mencapai sepuluh tahun.

Nah, sudah tahukan siapakah ini? Beliau adalah ulama terkemuka di zamannya. Dialah Imam An-Nawawi. Beliau bersungguh-sungguh untuk menghafal Al-Qur’an dan hadits. Jadi kita harus lebih bersungguh-sungguh.

Referensi:

Ditulis ulang diubah seperlunya dari: Abu Umar Abdillah, 2012, Masa Kecil Para Ulama, Klaten: Wafa Kids.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar