Kamis, 30 November 2017

Bersamalah dalam Taat

Oleh: M. Fatan Fantastik


Gandeng tangan saudaramu dengan erat

Ketika seseorang menerima dukungan di suatu tempat, seperti: tempat ibadah, pusat kegiatan komunitas,dll; mereka merasa terhubung dengan orang lain dan nilai-nilai utama komunitas atau masyarakat tersebut.

Emmy E. Werner dan Ruth S. Smith melakukan suatu riset longitudinal. Riset dilakukan terhadap 698 anak yang lahir di pulai Kauai, Hawaii. Ayah-ayah mereka kebanyakan pekerja semi trampil atau tidak trampil, mayoritas ibu mereka tidak lulus SMA, dan sekitar setengah keluarga tersebut hidup dalam kemiskinan yang parah.

Diantara 72 anak tersebut, yang mengalami tantangan-tantangan berat, ternyata mampu tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang “kompeten, percaya diri, dan peduli”. Saat mereka ditanya siapa yang telah membantu mereka mengatasi beragam hambatan tersebut, mereka menyebutkan peran para anggota keluarga besar (seperti: kakek, nenek, bibi, paman, dan lainnya), para tetangga, para guru yang menjadi model panutan, juga para mentor dari lembaga-lemb
aga kerelawanan dan keagamaan.

Sebagaimana orangtua; guru yang peduli dan kompeten, tetangga, pelatih, atau sahabat bisa berperan sebagai model panutan, yang membuat seseorang merasa dicintai dan berharga, dan bahkan membantunya mengatasi situasi keluarga yang berat.

#TRmU #remajautama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar