Rabu, 15 November 2017

MANDIRI

Oleh: Deniz Dinamiz 

Remaja yang komitmen dan tidak mudah galau disebut remaja utama. Seorang remaja utama tidak bingung dengan arah hidupnya. Dia menjadi pribadi mandiri yang bisa mengambil keputusan penting dalam hidupnya. Dia yakin bahwa tindakan dan pilihan hidup yang diambil adalah bagian dari langkah mencapai target idealnya. Dia memegang teguh ideologi nya.

Papalia, seorang psikolog perkembangan, menyebutkan 3 isu utama yang mempengaruhi apakah seorang remaja memiliki komitmen kuat pada identitas dirinya (atau disebut remaja utama):
1. Ideologi
2. Cita-cita profesi
3. Hubungan dan cinta

Ideologi adalah isu yang pertama. Ideologi adalah ilmu dan konsep tentang apa yang dianggap ideal, sukses, prestatif. Apakah target ideal kita dalam hidup ini? Kaya raya? Jadi Direktur muda? Punya pasangan rupawan dan setia? Punya banyak pengikut di sosial media?

Ingatlah, Allah mengajari kita tentang apa yang seharusnya dicari dalam hidup ini: sukses di kampung akhirat.

Hal ini diperjelas dengan apa yang Rasulullah sabdakan: ”Barangsiapa yang menjadikan akhirat sebagai tujuannya, maka Allah akan memberikan kekayaan kepada hatinya, memudahkan urusannya dan dunia (yang hina ini) akan datang kepadanya (dengan sendirinya), dan barangsiapa yang menjadikan dunia sebagai tujuannya, maka Allah akan memberikan (rasa) fakir kepadanya, mempersulit urusannya dan dunia tidak akan mendatanginya kecuali apa yang sudah ditetapkan baginya.” (HR At-Tirmidzi).

Akankah anak kita kelak menjadi remaja utama yang berpribadi mandiri? Bukan sekadar makan dengan tangan sendiri. Dia menjadi pemuda yang tegak berdiri pada pilihan hidup dan ideologi yang diyakini. Berani menghadapi tantangan karena kebenaran menjadi pijakan. Bahkan ketika harta, kedudukan, keluarga, bahkan nyawa menjadi taruhan. Siapkah mereka? Oh bukan. Siapkah kita, memberi contoh dan mendidik mereka ke sana?

ide·ol·o·gy /noun/
: the set of ideas and beliefs of a group
: visionary theorizing
: a systematic body of concepts especially about human life

#remajakece #remajautama #mandiri #berani #ideologis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar