Minggu, 19 November 2017

SAUDARA BAIK HATI

Oleh: M. Rosyad 

Saudara yang baik adalah saudara yang bisa mendatangkan manfaat di dunia dan akhirat.
Persaudaraan yang karena Allah, saling menasihati dalam kebaikan dan ketakwaan, maka ia adalah persaudaraan yang kekal dan abadi.

Allah Ta'ala berfirman, “Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.” (QS. Az-Zukhruf: 67).

Oleh karena itulah, Rasulullah ShallaLlaahu `alaihi wa Sallam sangat ingin sekali seluruh penduduk dunia untuk memilih saudara yang baik. Karena apa? Dari saudara yang baik, kita bisa mengambil manfaat darinya. Saudara yang baik akan mengingatkan tatkala kita lupa, menasihatinya ketika salah, dan mengarahkannya ketika kita tersesat.

Maka seorang muslim adalah cermin bagi saudaranya. Seseorang akan kuat bila bersama saudara-saudaranya. Sahabat akan memberikan pengaruh yang sangat besar. Bila baik, niscaya ia akan mengajak kita kepada kebaikan. Tapi, bila ia buruk, maka ia justru akan merusak agama dan dunia kita. Bukan hanya itu, teman yang buruk akan menyibukkan kita dengan perkara-perkara dunia seperti halnya mengajak main game dan atau pekerjaan lain yang tidak bermanfaat.

Maka, sudahkah Sobat punya saudara ataupun sahabat yang baik?

Sumber: Buletin Nah #20





Tidak ada komentar:

Posting Komentar