Jumat, 19 Januari 2018

TERGIUR UNTUK TIDUR


Oleh: Deniz Dinamiz

Ngantuk berat. Mata nggak mau diangkat. Nggak ada pilihan lagi! Aku harus bangun pagi! Segarkan diri dengan secangkir kopi!

Eit! Apa kamu termasuk dia? Setiap pagi harus menggugah diri dengan secangkir kopi. Setelah satu cangkir ditelan, beberapa menit kemudian, siap beranjak jalankan aktivitas! Itu yang kamu rasakan?

Hehe. Kamu salah sobat. Kopi itu terasa khasiatnya setelah kurang lebih 1 jam. Kalau iya terasa bertenaga sebelum 1 jam, itu lebih karena perasaan kita sendiri. Sugesti, kata orang Psikologi.

Namun demikian, kopi tetap menawan. Mengundang perhatian. Memang kopi punya kemampuan membunuh kantuk seperti yang dikatakan banyak orang. Terutama robusta. Tapi apa yang belum tentu mereka tahu adalah dampak setelah meminumnya. Dalam jumlah berlebihan terutama. Lebih parah lagi, yang punya kebiasaan minum minuman berenergi. Apa sih rahasianya? Mereka punya satu kandungan yang sama: kafein.

Sebagian besar manusia, pola tidur dan bangunnya dipengaruhi oleh matahari dan iklim. Kafein membantu seseorang untuk melawan pola tidur dan bangun yang sudah tertanam dalam diri.. jelas Czeisler, seorang ahli tidur (peneliti, bukan tukang tidur).

Di sisi yang lain, ada harga yang sangat, sangat besar yang harus dibayar untuk efek bangun yang ekstra ini.

Tanpa tidur yang cukup, tubuh manusia tidak dapat berfungsi secara optimal. Baik secara fisik, mental, dan emosional. Pada mereka yang sudah ketagihan berat, otaknya tidak dapat berfungsi secara normal tanpa asupan kafein.

Jadi, ada nggak sih cara lain untuk menggugah diri ketika merasa ngantuk berat? Seperti disebutkan Czeisler, pola tidur dan bangun dipengaruhi matahari. Artinya, dengan melihat terbitnya matahari, irama tidur dan bangun (disebut juga irama sirkadian) akan menjadi normal.

Nggak heran, mereka yang kerjaannya cuma di dalam kamar ketika pagi, akan merasa lemes sepanjang hari. Sedangkan mereka yang sebelum terbit matahari sudah subuh di masjid, lalu pulang mengguyur tubuh dengan sinar mentari pagi, bakal hadapi hari dengan wajah berseri! Insya Allah.


Sumber naskah: IG @denizdinamiz 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar