Senin, 19 Februari 2018

BERBINCANG TENTANG KARAKTERISTIK REMAJA



KUALITAS apa saja yang harus dikembangkan pada pribadi seorang remaja?

Aspek-aspek yang membentuk kepribadian seseorang sangat banyak dan beragam. Untuk menjadi pribadi yang utuh, diperlukan pemahaman yang menyeluruh tentang profil kepribadian.

Profil kepribadian terbaik tentu berdasar manusia-manusia terbaik. Sumber utama kita adalah profil pribadi para Nabi dan Sahabat. Tengok profil mereka di buku-buku, seperti "Gaya Hidup Pemuda Perindu Surga" (Ad-Duwaisy), "Pemuda, Antara Hijaz dan Amerika" (Budi Ashari), maupun buku-buku tentang Sirah Nabi atau kisah sahabat.

Ilmu Psikologi bisa dijadikan referensi penguat dan pelengkap, selama tidak bertentangan dengan sumber utama. Tokoh seperti Papalia, Hurlock, Santrock termasuk yang konsen pada Psikologi Perkembangan, termasuk remaja. .

Meski, ada juga tokoh Psikologi yang patut diwaspadai, seperti Stanley Hall, yang menyebut bahwa remaja adalah masa "badai stress" (storm and stress). Padahal, justru karya dan prestasi Nabi dan sahabat dilakoni pada masa muda. Kalau ada remaja bermasalah, sudah jelas ada yang hilang dari mereka. Karena bukan begitu seharusnya.

Remaja atau Pemuda Utama adalah remaja dengan kualitas terbaik di setiap aspek yang membentuk pribadinya. Pribadi Ideal inilah yang perlu kita jadikan tujuan. Lalu apa saja yang membentuk pribadi Remaja Utama?

Remaja Utama memiliki 2 aspek penting yang membentuk profil pribadinya : KARAKTER dan KOMPETENSI. Karakter tanpa kompetensi akan sulit mencapai tujuan dan memberikan manfaat. Kompetensi tanpa karakter akan tumbang dan sesat ketika menghadapi tantangan dan kesulitan.

Meski sudah dibahas Jumat sore lalu di #LesehanJAN , buat kamu yang mau tahu lengkapnya, bisa cek di twitter @buletinnah:
KULTWEET LESEHAN JAN "ON BUILDING PRIME YOUTHS" #3 dengan tema "KARAKTERISTIK REMAJA"
https://chirpstory.com/li/382656

Untuk #LesehanJAN #4 hari Jum'at, 23 Feb 2018 besok, kita berlanjut pada bahasan: Empat Klasifikasi Remaja. Buat kamu yang belum bisa gabung, karena terbatasnya kuota jumlah atau sudah mendaftar tapi ada halangan, bisa simak kultweet nya.

Yuk ngaji, ngobrol, en ngopi sama kita ... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar