Rabu, 07 Maret 2018

LESEHAN JAN: ON BUILDING PRIME YOUTH #5 (Jum`at, 2 Maret 2018) dengan tema “Isu-Isu Remaja Utama”



1.      Begitu besar sejarah pemuda-pemuda, termasuk dalam sejarah negeri kita. Ada sumpah pemuda, pergerakan pemuda di Rengasdengklok, dsb. Bukan orangtua

2.      Tua itu pasti, menjadi dewasa itu pilihan. Oleh karena itu, proses untuk mencapainya tidak bisa dibiarkan. Harus ada usaha yang sungguh-sungguh untuk meraihnya.

3.      Ada pembeda antara definisi antara youth dan teenager. Berbeda juga antara murohaqoh dengan syabaab. Karena istilah akan membentuk pola pikir/sudut pandang, menentukan ideologi kita.

4.      Remaja yang tidak punya komitmen akan menjadi orang dewasa yang bermasalah (John Head, 1997). Komitmen pada apa? Tentu pada apa yang diyakininya.

5.      Apa saja isu yang harus dihadapi remaja untuk menjadi orang dewasa? (1) Hidup mandiri (ekonomi) dari orang tua (2) Hidup terpisah (pribadi-sosial) dari orang tua (3) Hidup sesuai pilihan (pola hidup) tertentu.

6.      Hidup mandiri. Sehingga memerlukan pekerjaan. Hidup terpisah dari orang tua. Sehingga memerlukan pendamping hidup. Hidup sesuai pilihan tertentu. Sehingga memerlukan nilai dan keyakinan hidup atau ideologi.

7.      Tentang pekerjaan. Anak muda harus memiliki pekerjaan yang jelas, berani mengambil resiko. Harus mandiri dari orang tuanya.

8.      Tentang pendamping hidup. Anak muda sudah harus memiliki hubungan yang jelas. Karena setiap orang membutuhkan pendamping. Bahkan orang Jepang, ketika tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkan dari istrinya, dia menceraikannya dan kemudian malah membeli boneka untuk dijadikan pendamping.

9.      Ideologi adalah tentang pola hidup tertentu yang dipilih. Seperti Salman Al-Farishi yang mencari kebenaran dari pendeta ke pendeta lain hingga akhirnya bertemu pendeta yang benar dan mengarahkan untuk mencari Nabi Muhammad.

10.  Contoh lainnya lagi adalah pemuda bernama Ibrahim yang “melawan” ayahnya. Sang ayah tidak hanya penyembah berhala, namun pembuat berhala. Atau seperti halnya pula Asiyah yang menyelisihi suaminya: Fir`aun yang mengaku Tuhan.

11.  Apa itu ideologi? Ideologi adalah ide/konsep dan keyainan tentang kehidupan. Bisa tentang hakikat hidup, tujuan hidup, apa yang penting dalam hidup, dan lain-lain yang diyakini.

12.  Islam sudah menanamkan dengan cara agar membaca Al-Quran sebagai landasan ideologinya. Setiap hari umat Islam membaca Al-Fatihah yang sudah jelas menunjukkan bahwa Tuhannya adalah Tuhan semesta alam Dalam surat Al-Ikhlas juga sangat jelas bahwa Tuhan adalah Allah Yang Maha Esa.

13.  Apa tanda remaja gagal? (Erikson 1968) 1. Tidak memiliki hubungan dekat/akrab dengan orang di lingkungan sekitar 2. Tidak memiliki gambaran/tujuan di masa depan 3. Sulit fokus pada tugas yang penting 4. Merasa dirinya buruk sehingga kumpul dengan orang bermasalah, seperti geng.

14. Satu diantara sebab kenakalan anak atau remaja, bahkan juga dewasa adalah merasa tidak berharga.

15.  Islam mengajarkan apa yang penting dalam hidup ada tugas sebagai: - hamba Allah (beribadah ikhlas & ittiba' sunnah) - khalifatullah (pemimpin/ahli di bidangnya) - keluarga (menjadi anak berbakti, pasangan setia) - saudara (seiman, senasab) - peran lain sesuai pilihan komitmen.

16.  Ketika ideologi beres, maka masalah hubungan dan cinta juga akan beres, cara memandang dunia juga beres.

17.  Tentang hubungan, adalah tingkatan persaudaraan tertinggi yakni persaudaraan karena iman. Bukan sedarah atau sedaerah. Karena sedarah atau sedaerah bisa terpisah.

Sumber: Twitter @JANtraining 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar