Rabu, 07 Maret 2018

Remaja Utama: Cerdas Menata Diri, Bijak Berinteraksi



Selain karakter kuat dan baik, seorang remaja utama perlu memiliki kompetensi tinggi.

Kompetensi dibutuhkan untuk mencapai target/ tugas dan tujuan dalam hidup. Kompetensi termasuk alat untuk mewujudkan cita-cita. Tanpa kompetensi yang tinggi dan memadai, banyak keberhasilan menjadi tertunda atau tidak bisa diperoleh.

Kompetensi tinggi berarti seseorang bisa melakukan sesuatu dengan standar kualitas prima, utama, atau ahli. Istilahnya mastering. Menurut Geoffrey Colvin, untuk menjadi seorang ahli di bidangnya, diperlukan proses perbaikan terencana melalui latihan secara sadar dan terus-menerus. Hal ini disebut Deliberate Practice (Latihan Penuh Kesadaran). Diantara jenis kompetensi, ada 3 yang perlu kita asah: kompetensi hidup, akademis, dan karir. Kompetensi hidup dibagi menjadi 2: Personal dan Sosial.

Kompetensi Sosial adalah kemampuan berinteraksi, berkomunikasi, bertransaksi, beradaptasi dan bekerja bersama orang lain. Diantara contoh kompetensi sosial antara lain:

1. Empati (empathy) yaitu mampu memahami dan merasakan perasaan dan pengalaman orang lain.
2. Pelayanan (Service) yaitu memberikan kontribusi untuk kepentingan orang lain.
3. Kepemimpinan Yang Inspiratif (Inspirational Leadership) yaitu mampu mempengaruhi orang lain agar bersemangat menuju tujuan bersama.
4. Mengelola Konflik (Conflict Management) yaitu mampu mengelola dan menyelesaikan masalah yang muncul antar individu/ kelompok.
5. Membangun Ikatan (Building Bonds) yaitu mampu mendapatkan kepercayaan dari orang/kelompok lain.
6. Kerja Sama Dan Kolaborasi (Teamwork and Collaboration) yaitu mampu berkontribusi dan mendukung kerja kelompok dan mampu bekerja sama antar orang/kelompok.

Allah beri kita kesempatan istimewa: masa muda. Akankah kamu gunakan untuk menempa diri menjadi remaja utama nan istimewa? Ataukah kamu terlalu asyik dengan eksis di sosmed dan nongkrong yang gak jelas? Remaja Utama harus mampu: cerdas menata diri, bijak berinteraksi! Kuy!

#remajautama #character #competence#LifeCompetence #Personal #Social

Sumber Naskah: IG @denizdinamiz
Foto: Kegiatan @jantraining di SMP Negeri 8 Yogyakarta (3/3/2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar