Kamis, 08 Maret 2018

Tanya Remaja: Ngapain juga Kamu Hidup?



Menurut John Head, remaja adalah masa pembentukan identitas. Yang dimaksud dengan identitas adalah susunan utuh psikis seseorang yang membedakannya dengan dunia di luar dirinya.

Maka, pembentukan identitas adalah proses menentukan pilihan-pilihan hidup sehingga seseorang dapat menjadi manusia dewasa yang tumbuh optimal. Kurang atau tidak adanya komitmen terhadap pilihan-pilihan hidup yang penting, dapat menyebabkan masalah psikologis ketika menjadi dewasa.

Tiga isu penting identitas yang berkaitan dengan pilihan-pilihan hidup adalah:
1. Ideologi dan keyakinan
2. Pekerjaan/ karir
3. Pasangan hidup/ hubungan dan cinta

Ideologi adalah kumpulan ide/ konsep dan keyakinan tentang kehidupan (diambil dari merriam webster dictionary). Bisa tentang hakikat hidup, tujuan hidup, apa yang penting dalam hidup, dan konsep hidup lain yang diyakini.

Isu pertama yang paling penting adalah ideologi. Pilihan pekerjaan, pasangan, aktivitas hidup itu bukan ideologi. Tetapi ALASAN memilih hal-hal tsb seharusnya ideologis (sesuai dengan ideologi).

Maka, kalau kamu termasuk remaja yang punya ideologi kuat, kamu bakal bisa jawab semua ini:
1. Buat apa aku hidup? Apa alasan Allah menciptakan diriku?
2. Mengapa aku memilih cita-cita itu? Apakah pekerjaan itu bernilai di hadapan Allah?
3. Pasangan seperti apakah yang kuharapkan? Apakah Allah meridhoi alasan dan caraku dalam memilih dan mencintainya?

Remaja utama sadar dan yakin dengan pilihan hidupnya. Dia memilih berdasarkan tujuan hidup yang diyakininya. Remaja utama tidak malu berbeda ketika harus berteguh pada prinsip hidupnya. Remaja utama tahu: ALASAN tiap langkah dan keputusan hidupnya.

Lalu bagaimana cara membantu remaja agar ber-ideologi kuat?

Dalam Islam, ideologi dapat diistilahkan sebagai akidah. Akidah adalah kepercayaan atau keyakinan pokok (menurut KBBI). DR. Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid menjelaskan dalam buku "Manhaj Tarbiyah Nabawiyah lith Thifl" atau "Prophetic Parenting" bahwa ada beberapa langkah untuk menanamkan akidah, antara lain:
1. Mentalqin dengan mengucapkan kalimat tauhid.
2. Menanamkan cinta kepada Allah.
3. Menanamkan cinta kepada Rasul.
4. Mengajarkan Qur'an.
5. Mendidik agar teguh dan rela berkorban demi akidah.

Lebih jelas dan lengkapnya, mari berbagi di #LesehanJAN #6 tentang "Isu Remaja I: Ideologi". Bisa daftar langsung via WA dengan klik link ini: http://bit.ly/LESEHAN-JAN *Informasi dan Pendaftaran:*
📣 Cp : +62895336336005 atau +62 896-6773-6149
🐤 Twitter : @JANtraining & @buletinnah 💻 IG : @jantraining & @buletinnah

Peringatan: Hanya untuk yang siap terlibat membangun peradaban ummat! Jangan sampai terlambat! #RemajaUtama #ideologis #berprinsip #teguh#live with #beliefs and #values








Tidak ada komentar:

Posting Komentar